Portal Masuk Perkebunan KUD Minanga Ogan Disegel Eks Anggotanya

Sosial  SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 12:57:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Portal Masuk Perkebunan KUD Minanga Ogan Disegel Eks Anggotanya

rmolsumsel

RMOLSumsel. Eks anggota KUD Minanga Ogan menuntut hak-hak mereka kepada KUD Minanga Ogan yang dianggap tidak sesuai. Aksi tuntutan ini ditandai dengan pemasangan plang nama koperasi yang baru tempat mereka bernaung saat ini serta menyegel portal masuk perkebunan KUD Minanga Ogan di wilayah Gunung Meraksa, tempo hari (7/11).

Aksi ini merupakan buntut dari pengunduran diri ratusan anggota koperasi dari KUD Minanga Ogan dan berpindah serta mempercayakan lahan mereka Ke KUD Harapan Bersama.

Ini adalah tindak lanjut pengunduran diri anggota koperasi yang sebelumnya menjadi anggota KUD Minanga Ogan,” kata Bayumi SH, selaku pengacara anggota koperasi saat membuka kegiatan aksi.

Dikatakan Bayumi, para anggota koperasi telah melakukan berbagai upaya untuk meminta hak-hak mereka di KUD Minanga Ogan, namun hal itu banyak mengalami hambatan dan ketidakpastian.

Memang kami menduga, KUD Minanga Ogan ini banyak terjadi hal-hal yang sangat merugikan hak-hak anggota peserta Koperasi,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu lanjutnya, sebanyak 397 anggota KUD Minanga Ogan mengundurkan diri dari koperasi tersebut karena hak-hak mereka tidak terwakili di KUD Minanga ogan, dan para anggota yang mengundurkan diri telah bergabung dalam KUD Harapan Bersama.

Menurutnya KUD Minanga Ogan disinyalir ada penggelembungan anggota, hal ini dilihat dari luas lahan KUD Minanga Ogan tidak sebanding dengan jumlah anggota yang ada.

Aksi ini merupakan bentuk eksistensi kami memperjuangkan hak,” tukasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Robert Jeri Turnando selaku Ketua KUD Harapan Bersama, bahwa aksi ini merupakan bentuk eksistensi mereka untuk mencari kepastian hukum.

Menurutnya ratusan anggota telah mengundurkan diri, pengunduran diri itu telah disampaikan kepada Pihak KUD Minanga Ogan.

Kami ingin mencari kepastian hukum, dan kami saat ini telah tergabung dalam KUD Harapan bersama,” jelas Robert.

Robert Menegaskan setelah Aksi pihak KUD Minanga Ogan untuk tidak melakukan aktifitas apapun sebelum ada kepastian hukum.

Tolong tidak ada aktifitas lagi hingga ada kepastian hukum,” tukasnya.

Sementara itu pihak KUD Minanga Ogan yang diwakili oleh Manajer PT Minanga Ogan Misran, berharap pertemuan ini menjadi pertemuan yang terbaik.

Pertemuan kita bukan baru dilakukan hari ini saja tapi sudah pernah dilakukan, saat ini pengurus KUD sedang berkoordinasi dengan pengurus pusat, mungkin besok akan pulang,” katanya.

Untuk itu ia berharap agar masalah pemasangan plang dan penghentian akifitas dilakukan atas dasar kesepekatan.

Soal pemasangan plang dan penutupan portal harus ada kesepakatan dulu hal itu tidak bisa dilakukan tanpa ada kesepakatan,” tukasnya.

Mereka memasang plang nama koperasi yang baru serta menyegel portal masuk perkebunan KUD Minanga Ogan.

Sempat terjadi gesekan kecil namun beruntung hal itu dapat diredam oleh aparat kepolisian yang mengamankan jalannya aksi tersebut. [sri]








Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah
Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00