Satu-satunya Wakil Kaltim, Aus Kawal Pemindahan Ibukota

Politik  JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 12:01:00 WIB

Satu-satunya Wakil Kaltim, Aus Kawal Pemindahan Ibukota
RMOLSumsel. Pimpinan Komisi II DPR RI telah dilantik akhir Oktober 2019. Di Komisi ini, Kalimantan Timur memiliki wakil yaitu politisi Partai Keadilan Sejahetera (PKS) KH Aus Hidayat Nur.

Komisi II sendiri membidangi empat hal. Yaitu, pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah, aparatur negara dan reformasi birokrasi, kepemiluan, serta pertanahan dan reformasi agraria.

Keberadaan Aus Hidayat menjadi satu-satunya anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Timur yang berada di Komisi II.

Pada periode 2009-2014, Aus Hidayat telah memaksimalkan kerja di Komisi II untuk perjuangan pemekaran Kalimantan Utara dari Kalimantan Timur sebagaimana aspirasi masyarakat dan Pemprov Kaltim saat itu.

"Alhamdulillah perjuangan itu berhasil dan banyak memberikan manfaat bagi Propinsi Kalimantan Timur," kata Aus Hidayat dalam kerangannya, Jumat (8/11).

Saat ini, PKS melihat rencana pemindahan ibukota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada penghujung masa jabatan periode pertamanya, 26 Agustus 2019, perlu pengawalan yang fokus.

Sebab, jangan sampai pemindahan ibukota tidak banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Kalimantan Timur, atau bahkan menimbulkan persoalan-persoalan baru bagi masyarakat di sana.

Oleh karena itu, Aus Hidayat bertekad untuk mengawal isu pemindahan ibukota negara di Komisi II. Bersamaan dengan mitranya dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta mitra lainnya.

"Sehingga pemindahan ibukota negara -bila jadi dilakukan- tidak menimbulkan persoalan agraria, tata ruang, kepegawaian atau persoalan dalam negeri lainnya khususnya bagi masyarakat Kalimantan Timur yang sangat mengharapkan ibukota negara baru ini bisa meningkatkan kualitas hidup di Kalimantan Timur," tuturnya.

Selain kaitannya dengan pemindahan ibukota, Aus Hidayat juga akan fokus pada perjuangan mengundangkan RUU Pertanahan dan perjuangan agar pemerintah mencabut moratorium pemekaran daerah yang hari ini masih menjadi aspirasi masyarakat Kalimantan Timur.

"RUU Pertanahan dan pemekaran daerah merupakan hal yang penting bagi masyarakat di Kalimantan Timur," tutupnya. [ida]

Komentar Pembaca
Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah