Kredibilitas Dewas KPK di Tangan Presiden

Hukum  JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 08:44:00 WIB

Kredibilitas Dewas KPK di Tangan Presiden
RMOLSumsel. Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan mengatkan, dalam Revisi UU KPK disebutkan bahwa Dewan Pengawas (Dewas) berjumlah 5 orang yang dibantu oleh Organ Pelaksana Pengawas.

Menurutnya, figur Dewas KPK bisa dianggap melemahkan lembaga antirasuah itu jika orang-orangnya tidak kredibel. Maka dari itu Presiden diharapkan mencari figur-figur yang tepat dan kredibel.

Pandangan itu disampaikan Trimedya saat diskusi yang digelar koordinator wartawan parlemen bekerjasama dengan Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI ini mengangkat tema Mengintip Figur Dewasa KPK”.

Bersama Mantan Ketua KPK Antasari Azhar dan Mantan Wakil Ketua Komisi Yudisial, Abbas Said tampil sebagai pembicara dalam diskusi Dialektika demokrasi di Gedung Parlemen, Senayan Jakarta seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (8/11).

Menurut Trimedya, orang-orang yang ada di Dewas juga harus variatif dan bisa mengayomi semua unsur yang ada di KPK. "Dalam pembentukan Dewas, kita harus lebih variatif, Dewas bisa diisi oleh orang akademisi, tokoh masyarakat dengan tidak harus berlatar belakang hukum, dan juga bisa diisi oleh wartawan, karena mereka tidak terlalu terlibat dengan perkara," kata Trimedia.

Mantan Ketua Komisi Yudisial, Abbas Said berpendpaat bahwa tidak perlu takut dengan Dewas, dan yang paling penting bukan banyaknya orang yang sudah di tangkap, melainkan pencegahan.

Diharapkan semoga Dewas yang akan dipilih oleh Jokowi bisa mengemban amanat dan menjalankan tugasnya dengan benar.[ida]

Komentar Pembaca
Persiapan Reuni Akbar 212

Persiapan Reuni Akbar 212

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 18:27:00

Diskusi Tolak Ahok

Diskusi Tolak Ahok

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 14:16:00

Anie Baswedan dan Wartawan

Anie Baswedan dan Wartawan

JUM'AT, 22 NOVEMBER 2019 , 20:59:00