Pencapaian Target Pajak Kendaraan Di OKU Sudah 90 Persen Lebih

Ekonomi  KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 21:27:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Pencapaian Target Pajak Kendaraan Di OKU Sudah 90 Persen Lebih

Kepala UPTB Samsat Baturaja, Humaniora Basili Basmark./rmolsumsel

RMOLSumsel. Pencapaian target pajak kendaraan jelang akhir tahun 2019 di UPTB Samsat Baturaja saat ini sudah mencapai sekitar 90,68 persen dari 100 persen jumlah yang ditargetkan, sebesar Rp60 miliar tahun ini.

Berarti yang kita kejar tidak sampai 10 persen lagi. Mudah-mudahan hingga akhir tahun 2019 ini target ini bisa tercapai, atau bahkan bisa lebih dari yang kita targetkan Rp60 miliar tersebut. Kita harus optimis," ujar Kepala UPTB Samsat Baturaja, Humaniora Basili Basmark.

Dijelaskannya, meski optimis itu bukan berarti pihaknya tidak mengalami kendala di lapangan. Ini tak lain disebabkan dampak dari menurunnya ekonomi masyarakat di Kabupaten OKU. Sehingga membuat pihaknya agak sedikit tersendat dalam mencapai jumlah yang ditargetkan.

Kendala dimaksud yakni turunnya harga karet pada bulan-bulan ini. Sedangkan mayoritas mata pencaharian masyarakat di OKU ini kebanyakan petani karet.

Walhasil, di bulan Oktober kemarin sempat terjadi penurunan pendapatan. Dimana seharusnya perbulan Samsat mendapat pemasukan Rp6 miliar, namun karena kondisi itu turun menjadi Rp4 miliar.

"Tapi, kita tetap berusaha dan berharap agar semuanya kembali normal," imbuhnya.

Lebih jauh disampaikan, bahwa tingkat kesadaran masyarakat OKU dalam membayar pajak sudah tinggi. Hal tersebut didukung dengan kegiatan sosialisasi yang sering diadakan oleh pihaknya. Yang turun ke lapangan menghimbau masyarakat untuk sadar betapa pentingnya membayar pajak.

Bahkan kami bersama pihak Bapenda Kabupaten baru saja sudah mengadakan sosialisasi. Dengan mendatangi langsung masyarakat ke desa-desa di beberapa kecamatan, diantaranya kecamatan Baturaja Timur dan Lubuk Batang untuk lebih menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak," terang dia.

Untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak kendaraan, pihaknya sudah lama menyiapkan layanan mobil Samsat keliling yang siap melayani masyarakat.

Program pusat ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan publik, khususnya pelayanan pembayaran pajak kendaraan. Mobil Samsat keliling kita siapkan 4 hari dalam 1 minggu. Untuk menjumpai kapan dan dimana lokasinya saat beroperasi bisa di cek akun FB Samsat OKU," pungkasnya. [sri]









Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah