Tutupi CCTV, Pengasuh Curi Emas Majikan

Laporan : Haris Suprapto

Kriminal  KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 13:31:00 WIB

Tutupi CCTV, Pengasuh Curi Emas Majikan

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Untuk memuluskan aksinya menggasak barang berharga dari rumah majikan di Jalan Tanjung Api-api, Villa Melati, Kelurahan Kebun Bunga, Kecamatan Sukarami, Reta (19) yang baru satu bulan bekerja sebagai pengasuh bayi menutupi kamera CCTV dengan sebuah tas.

Berdasarkan data diperoleh, aksi pencurian emas seberat 35 gram atau bernilai Rp30 juta itu dilakukan warga Jalan Muara Kelingi, Kelurahan Karya Jaya, Kecamatan Kertapati ini bersama kekasihnya berinisial J yang baru berusia 15 tahun, pada 19 Oktober lalu.

Sang kekasih yang disebut sebagai otak dari aksi kejahatan ini bertugas menunggu di luar dan setelah Reta mengambil tas berisi emas dari laci lemari di dalam kamar rumah tempatnya bekerja, J mengambil barang untuk dijual.

Aksi jahat keduanya terungkap setelah korban Ayu Lestari yang berprofesi sebagai dokter pulang ke rumah dan mendapati emas simpanannya sudah tidak ada. Lalu korban memanggil saksi Natia yang bekerja sebagai asisten rumah tangga dan bertugas membersihkan rumah.

Dari keterangan saksi diketahui bahwa dirinya pernah melihat tersangka Reta memberikan sesuatu kepada seorang lelaki yang menunggu di depan rumah saat sedang bekerja mengurus anak korban di rumah dan atas kejadian tersebut korban membuat laporan di Polsek Sukarame Palembang.

Anggota Unit Reskrim Polsek Sukarami Palembang yang mendapat laporan pencurian tersebut langsung melakukan penyelidikan dan mengamankan kedua pelaku berikut barang bukti satu unit sepeda motor Yamaha Mio BG 6765 ABN yang digunakan saat beraksi serta dua unit ponsel dan uang Rp400.000 sisa hasil kejahatan tersebut.

Kanit Reskrim Polsek Sukarami Palembang Iptu Hermansyah mengatakan, aksi pencurian itu diketahui setelah korban yang berprofesi sebagai dokter pulang ke rumah dan mendapati emas simpanannya sudah tidak ada di tempat.

Tersangka Reta yang baru sebulan bekerja masuk ke dalam kamar dan mengambil emas dari laci di dalam kamar rumah korban yang ditinggal dalam keadaan tidak terkunci atas perintah tersangka J,” kata Iptu Hermansyah, Kamis (7/11).

Dirinya menambahkan, atas perbuatan tersebut keduanya akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dalam keadaan memberatkan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. Saat ini kedua pelaku masih dalam pemeriksaan lebih lanjut dan secepatnya berkas akan dikirim ke Kejaksaan untuk masuk proses peradilan,” tambahnya.

Sementara itu tersangka Reta mengaku jika perbuatan itu ia lakukan atas perintah J. Waktu itu kami lagi telponan, dia merayu saya dan menanyakan barang berharga di tempat saya bekerja. Lalu saya jawab ada, katanya ambil saja untuk dijual,” ujar Reta.

Sedangkan tersangka J mengakui bila dirinya lah yang menyuruh sang kekasih untuk melakukan pencurian tersebut dan setelah emas dari laci lemari di dalam kamar rumah diambil Reta, dirinya menunggu di depan rumah.

Emas itu aku jual seharga Rp15 juta dan uangnya kami belikan hanphone, pakaian dan kebutuhan kami berdua, sisanya tinggal Rp400.000,” ucap remaja putus sekolah yang menyebut sudah satu tahun merajut hubungan dengan Reta. [irm]

Komentar Pembaca
2 Sahabat Dipelor Gara-gara Kabel Tembaga
Terkepung, Jambret Diamuk Massa

Terkepung, Jambret Diamuk Massa

SENIN, 18 NOVEMBER 2019

Teroris Menyerahkan Diri ya Langsung Ditahan
Dino Susul Rekan ke Penjara

Dino Susul Rekan ke Penjara

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019

Timah Panas Bersarang di Kaki Rajab

Timah Panas Bersarang di Kaki Rajab

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019

Penyelundupan Tiga Jenis Narkoba dari Malaysia Berhasil Digagalkan
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah