Pilkada 2020 Bakal Kebanjiran Kandidat Kepala Daerah

Politik  RABU, 06 NOVEMBER 2019 , 19:45:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Pilkada 2020 Bakal Kebanjiran Kandidat Kepala Daerah
RMOLSumsel. Wacana Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk membuka kemungkinan bagi aparatur sipil negara, anggota TNI/Polri, dan anggota DPR/DPRD/DPD untuk tidak lagi harus mengundurkan diri, ketika mencalonkan diri dan selama menjabat sebagai kepala daerah dimungkinkan bakal membuat Pilkada tahun depan bakal menarik dan ramai kandidat.

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana mengatakan, pihaknya menyambut baik putusan tersebut, apalagi sudah keluar putusan judicial review dari MK atas aturan sebelumnya.


" Ya, KPU menyambut baik putusan itu, paling tidak nantinya minimal ada tiga pasang calonlah, semakin banyak semakin bagus. Ini kesempatan calon yang akan mencalonkan diri jadi peserta Pilkada, bisa dari anggota legislatif atau ASN yang tidak perlu mundur jika maju Pilkada," kata Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, Rabu (6/11).


Diterangkan Kelly, dengan adanya aturan baru nanti maka aparatur sipil negara, anggota TNI/Polri, dan anggota DPR/DPRD/DPD yang ingin mencalonkan diri di Pilkada cukup melakukan cuti, sejak ditetapkan sebagai calon selama masa kampanye.


"Jadi seandainya mereka nanti kalahpun, tetap bisa kembali ketempat asal kerjanya, termasuk sebagai anggota legislatif. Bahkan ASN pun tetap bisa kembali bekerja sebagai ASN," terangnya.


Ditambahkan Kelly, dengan adanya kemudahan tersebut potensi untuk pasangan calon dari jalur perorangan terbuka lebar, akan banyak yang daftar.


"Di sini ada kesempatan bagi mereka, dan calon perorangan jadi berminat, sehingga saya pikir Pilkada akan ramai dan masyarakat banyak pilihan calon pemimpinnya," ungkap Kelly, seraya berharap di 7 Kabupaten nanti akan ada paslon perorangan di luar jalur partai.


Dilanjutkan Kelly, aturan ini bisa saja dilaksanakan pada Pilkada serentak 2020 ini, mengingat akan ditindaklanjuti segera oleh KPU.


"Jadi saya rasa, sudah pasti bisa dilaksanakan aturan itu pada Pilkada 2020," ucapnya.[ida]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00