Peluang Prabowo-Puan Vs Anies-Emil Di 2024 Terbuka

Politik  SELASA, 05 NOVEMBER 2019 , 12:50:00 WIB

Peluang Prabowo-Puan Vs Anies-Emil Di 2024 Terbuka

Ujang Komarudin /net

RMOLSumsel. Peta politik Pilpres 2024 mulai bisa diraba. Hal itu seiring perang dingin yang terjadi antar pendukung Joko Widodo-Maruf Amin.

PDI Perjuangan dan Partai Gerindra yang menjadi seteru di Pemilu Serentak 2019 tampak mulai mesra. Kemesraan mulai ditunjukkan saat Ketum Gerindra Prabowo Subianto berkunjung ke kediaman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Buntutnya, Prabowo kini menjadi bagian dari Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Pertahanan.

Sementara di satu sisi, Partai Nasdem mulai melakukan manuver. Ketum Nasdem Surya Paloh bahkan menemui partai yang berada di luar pemerintahan, PKS. Surya Paloh juga kerap menunjukkan kemesraan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang di Pilkada DKI 2017 mengalahkan kader PDIP.

Banyak kalangan menyebut riak-riak di kabinet tersebut merupakan persiapan dalam menggalang kekuatan untuk Pilpres 2024. PDIP dan Gerindra digadang tengah menyiapkan duet Prabowo-Puan Maharani. Sedang Nasdem mempersiapkan duet Anies Baswedan-Ridwan Kamil.

Bagi pengamat politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin prediksi tersebut sangat mungkin terjadi. Baginya segala kemungkinan masih terbuka bagi gelaran Pilpres 2024 yang masih lama digelar.

"Semua kemungkinan bisa terjadi. Ketika Jokowi 2024 nggak bisa maju lagi, maka kemungkinan bisa ada 3 atau 4 pasangan calon," kata Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Selasa (5/11).

Bahkan, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini meyakini partai-partai akan membuat aturan main baru untuk pilpres mendatang. Sehingga memungkinkan calon yang mereka usung bisa melenggang.

"Bisa saja nanti dalam dua atau tiga tahun ke depan akan ada revisi UU Pemilu. Jadi syarat presidensial threshold-nya tidak 20 persen lagi,” pungkasnya.[sri]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00