Unjuk Rasa Sasar Kantor Berita China

Ragam  MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 11:47:00 WIB

Unjuk Rasa Sasar Kantor Berita China

NET

RMOLSumsel. Gelombang unjuk rasa anti-pemerintah terus terjadi di jalanan Hong Kong. Pada Sabtu (2/10), aksi unjuk rasa bahkan menyasar kantor berita resmi China, Xinhua yang berada di Hong Kong. Mereka merusak jendela dan pintu kantor tersebut.

Media lokal menunjukkan gambar kebakaran di lobi kantor Xinhua di distrik Wan Chai, Hong Kong. Kaca-kaca jendela pun pecah dan dinding dicoret dengan grafiti.

Tidak jelas apakah saat kejadian ada pekerja di dalam kantor itu atau tidak.

Namun ini adalah kali pertama kantor berita China menjadi sasaran massa. Sebelumnya, para pengunjuk rasa kerap menargetkan bank-bank dan bisnis-bisnis China yang dianggap memiliki hubungan dengan negeri tirai bambu.

Mereka menilai bahwa China telah melakukan pelanggaran atas kebebasan yang dijamin ketika Inggris mengembalikan Hong Kong ke China pada tahun 1997.

Dikabarkan The Guardian, protes anti-pemerintah dimulai pada awal Juni lalu untuk memungkinkan ekstradisi tahanan ke daratan China. Rencana tersebut telah ditangguhkan.

Protes hari Sabtu kemarin menandai akhir pekan ke-22 dalam serangkaian protes berujung kerusuhan di Hong Kong. Sejauh ini, ada lebih dari 3.000 orang telah ditahan dalam gelombang protes tersebut.  [irm]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00