Warga Minta Gubernur Pasang Portal di Jalan Ini

Daerah  JUM'AT, 01 NOVEMBER 2019 , 11:33:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Warga Minta Gubernur Pasang Portal di Jalan Ini

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Permintaan warga kepada Gubernur agar dipasang portal di jalan Kurup " Batu Kuning  (Lubuk Batang) dan Lubuk Batang " Suka Pindah (perbatasan Kabupaten OI), saat ini sedang dibahas Gubernur.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan, Darma Budhyn saat melakukan Provisianal Hand Over (PHO) Proyek Peningkatan Jalan Kurup " Batu Kuning  (Lubuk Batang) dan Lubuk Batang " Suka Pindah (perbatasan Kabupaten OI), bersama tim (30/10).

Permintaann pemasangan portal itu sendiri dilakukan untuk menghindari melintasnya mobil yang melebihi kapasitas/ tonase.

Pak Gubernur sedang mengkaji kemungkinan pemasangan portal itu, sedang dikaji pembuatan Perdanya," Kata Darma Budhy.

Menurutnya, saat ini atas saran dari Gubernur, pihak Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel telah memasang rambu jalan di ruas jalan provinsi terkait tonase maksimal kendaraan yang melintas.

Dinas Perhubungan Provinsi telah memasang rambu lalulintas maksimal kendaraan yang dapat melintas di jalan provinsi adalah 8 ton, salah satunya di jalan simpang Lubuk Batang menuju Suka Pindah ini,” sambungnya.

Selain itu menurut Budhy, pihaknya juga diminta oleh Gubernur untuk berkirim surat kepada Kapolres dan Bupati terkait jalan provinsi yang telah diperbaiki.

Isi surat tersebut menerangkan bahwa jalan provinsi di wilayah kabupaten tersebut telah diperbaiki, dan maksimal tonase yang dapat melintas adalah 8 ton," jelas Budhy .

Kemungkinan nantinya aturan terkait larangan truk dengan berat diatas 8 ton melintas baru akan dapat efektif setelah 2 bulan, karena membutuhkan waktu sosialisasi.

Saat disinggung kemungkinan adanya masyarakat yang bertindak langsung menyetop mobil yang bertonase melebihi 8 ton melintas di jalan provinsi, menurut Budhy pihaknya sangat mendukung itu.

Namun alangkah lebih baik lagi jika dari awal masyarakat melakukan penyetopan mobil yang melanggar batas tonase, jangan sudah ditengah atau diujung baru menyetop, nanti timbul kericuhan dengan pengendara atau bahkan mungkin juga bisa timbul pungli,” jelasnya.

Menurut Darma Budhy masyarakat dapat berpartisipasi melarang truk masuk dengan memasang spanduk larangan truk melebihi tonase 8 ton melintas.

Kalau pembangunan ini bertahan, kan kami dari PU dapat melanjutkan membangun di jalan atau wilayah lain, tapi kalau belum lama sudah rusak, akan berakibat terus mengulang pembangunan yang ada,” pungkasnya.

Diketahui, proses PHO dimulai dari proyek peningkatan Jalan Kurup " Batu Kuning diawali dari Simpang Batu Kuning menuju Kurup.

Dalam proses ini tim dari Dinas PUBM dan Tata Ruang Provinsi Sumsel melakukan pengecekan fisik material, ketebalan beton/aspal, serta lebar proyek jalan Kurup " Batu Kuning tersebut sebaiknya 3 titik.

Nampak tim dari Dinas PU BM dan Tata Ruang mengambil, mengukur dan membawa sampel cor beton dan aspal dari lokasi proyek peningkatan jalan tersebut.

Selanjutnya tim menuju Lubuk Batang untuk melakukan PHO proyek peningkatan Jalan Lubuk Batang "Sukapindah (perbatasan Kabupaten OI).

Sesampainya di Simpang Empat Lubuk Batang Plt. Kepala Dinas PUBM dan Tata Ruang Sumsel menyempatkan diri meninjau pembangunan Jembatan Lubuk Batang yang dana pembangunannya juga menggunakan anggaran APBD Provinsi Sumatera Selatan.

Tim Dinas PU BM dan Tata Ruang juga melakukan pemeriksaan fisik material, ketebalan dan lebar proyek tersebut.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek Peningkatan Jalan Lubuk Batang " Suka Pindah (perbatasan Kabupaten OI) Jayanto Fajri Ilham, menjelaskan bahwa proyek peningkatan jalan tersebut fungsional sepanjang 51,3 KM.

Untuk target capaian tahun 2019 ini sepanjang 18 KM, dengan dana 42 M dan dikerjakan oleh rekanan kita PT. Sentosa Raya. Dalam proyek ini kita menggunakan penanganan skala proritas. Mana yang rusak berat dan rusak sedang, sehingga kedepan tinggal pelebaran” Kata Fajri.

Fajri Menuturkan bahwa sebelumnya kondisi jalan Lubuk Batang " Sikapindah (Perbatasan OI) lebih dari 50 persen mengalami kerusakan.

Rusak berat dan sedang kemarin lebih dari 50 persen, sekarang sudah tidak ada kerusakan, paling tinggal 10 KM yang butuh pelebaran,” tambahnya. [irm]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00