Din Syamsuddin 'Wajibkan' Pemerintah Hormati Rizieq Shihab

Ragam  KAMIS, 31 OKTOBER 2019 , 15:55:00 WIB

Din Syamsuddin 'Wajibkan' Pemerintah Hormati Rizieq Shihab
RMOLSumsel. Mantan Ketua Umum DPP Muhammadiyah Din Syamsuddin menyatakan, Pemerintah wajib menghormati M Rizieq Shihab.

Ia kemukakan itu menanggapi imbauan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk menghormati M Rizieq Shihab. Menurutnya, pernyataan yang disampaikan oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj sangat tegas dan keras.

"Saya sangat setuju (muwaffiq kull al-ittifaq), dan sangat menghargai (highly appreciated) dengan pernyataan tersebut," kata Din dalam keterangan tertulis yang diterima dan diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (31/10).

Baginya, pernyataan Kiai Aqil Siraj itu wajib diperhatikan oleh seluruh umat Islam, tidak hanya oleh Nahdliyin semata.

"Bahkan umat agama-agama lain, tak terkecuali oleh pemerintah atau pemangku amanat," tegasnya.

Sejatinya, sebagai bangsa yang cinta damai sudah seharusnya menghormati hak dan martabat para tokoh agama manapun. Umat Islam harus menghormati para ulama terlepas dari perbedaan madzhab pemikirannya, termasuk tudingan sesat, radikal, hingga mengafirkan orang lain.

Merujuk pada watak Islam sejati, jelasnya, umat sudah seharusnya mengedepankan toleransi atau tasamuh yang diwujudkan dalam sikap penuh hikmat kebijaksaan dalam kemajemukan dan keberaamaan, yakni dengan menghargai orang lain.

Sikap ini menurut Din sangat diperlukan dalam bangsa yang majemuk seperti Indonesia.

"Islam mengajarkan, kalau antarumat berbeda agama berlaku lakum dinukum waliyadin (bagimu agamamu, bagiku agamaku), tapi kita bersaudara sebangsa. Terhadap sesama muslim, walau berbeda aliran atau organisasi sehingga berbeda pemahaman keagamaan, bisa berlaku analoginya lakum ra’yukum, wali ra’yi (bagimu pendapatmu, bagiku pendapatku) tapi kita tetap bersaudara seiman," terang mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah.

Namun demikian, hal itu bisa tercipta jika semuanya duduk berdampingan untuk berdialog yang menjadi watak Islam sejati.[ida]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00