BKN: Tahun Ini Tidak Ada Lagi Rekrutmen PPPK Tahap II

Sosial  RABU, 30 OKTOBER 2019 , 22:08:00 WIB

BKN: Tahun Ini Tidak Ada Lagi Rekrutmen PPPK Tahap II

Ilustrasi/net

RMOLSumsel. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana memastikan tahun ini tidak ada rekrutmen PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) tahap II.

Pemerintah hanya fokus melakukan rekrutmen CPNS 2019 dan menyelesaikan PPPK tahap I yang direkrut Februari 2019.

"Tahun ini enggak ada lagi rekrutmen PPPK tahap II. Yang ada hanya seleksi CPNS 2019. Juga menuntaskan rekrutmen PPPK tahap I," kata Bima kepada wartawan di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Rabu (30/10).

Meski tidak ada rekrutmen PPPK tahap II, lanjut Bima, masih ada kesempatan bagi honorer yang usianya di bawah 35 tahun untuk ikut seleksi CPNS. Mengingat formasi yang disiapkan tahun ini cukup banyak.

Namun, berbeda dengan rekrutmen CPNS 2018, tahun ini honorer tidak mendapatkan formasi khusus. Mereka bisa ikut tes jalur umum.

Pemerintah memang menyiapkan formasi khusus CPNS tetapi untuk cumlaude, diaspora, disabilitas pada instansi pusat dan daerah, formasi putra-putri Papua, serta formasi lainnya yang bersifat strategis pada instansi pusat.

"Yang usia 35 tahun ke atas bisa ikut tes PPPK tetapi kan tahun ini tidak dibuka. Jadi sabar saja dulu sembari menunggu kebijakan baru" ucapnya.

Pada Februari 2019, pemerintah membuka lowongan PPPK tahap I sebanyak 75 ribu orang khusus honorer K2. Sayangnya, sekira 25 ribuan tidak lulus tes karena nilainya di bawah passing grade.

Namun, hingga akhir Oktober ini, nasib 50 ribuan honorer K2 yang lulus tes PPPK belum jelas dengan alasan terkendala dana dan belum terbitnya Perpres tentang jabatan PPPK. [yip]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00