Baturaja Kota Adipura, Sungainya Penuh Sampah..

Daerah  JUM'AT, 25 OKTOBER 2019 , 10:46:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Baturaja Kota Adipura, Sungainya Penuh Sampah..
RMOLSumsel. Musim kemarau panjang yang melanda Nusantara,  termasuk wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU),  membuat Sungai Ogan mengering dan dangkal dari hulu sampai hilir.

Nah, di saat dangkal inilah, sangat jelas terlihat pencemaran sungai yang menjadi sumber kehidupan masyarakat Bumi Sebimbing Sekundang itu.

Ya. Sungai Ogan sudah tercemar oleh limbah sampah rumah tangga dan limbah manusia. Banyak sampah menumpuk di aliran sungai serta banyak pula masyarakat yang buang air besar di sungai.

"Masyarakat OKU banyak sekali yang memfaatkan aliran sungai ini. Tapi dengan kondisi itu, apakah air Sungai Ogan ini masih layak untuk dikonsumsi?," ujar Bowo S, tokoh pemuda di Baturaja bertanya-tanya.

Kondisi pencemaran tersebut menurut dia, harus cepat diselamatkan. Langkah awal, paling tidak dengan cara panggil Lurah dan perangkat untuk memberikan sosialisasi langsung ke masyarakat.

Mereka bisa menyampaikan ke masyarakat untuk tidak membuang sampah di aliran sungai. Sekaligus menyampaikan soal dampaknya jika membuanh sampah di sungai. Apalagi jika sudah menumpuk.

Dan satu lagi, pemerintah harus cepat buat perda agar ada tindakan tegas apabila ada yang buang sampah di aliran sungai.

"Yang pasti pemerintah dan dinas yang membidangi harus ada tindakan agar permasalahan ini tidak berlarut-larut. Apalagi OKU inikan mendapatkan Adipura, tapi kok bisa air sungainya penuh dengan sampah dari hulu sampai hilir. Itu kan lucu,” jelas Bowo. [ida]

Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00