10 Koperasi Miliki Sertifikat Kemenkop

Ekonomi  SELASA, 22 OKTOBER 2019 , 11:59:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

10 Koperasi Miliki Sertifikat Kemenkop

ILUSTRASI

RMOLSumsel. Keberadaan koperasi diharapkan bisa mendukung menggerakkan perekonomian daerah. Oleh karenanya, Pihak Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Pagaralam terus mengingatkan kepada pengurus badan usaha berbadan hukum, tetap mengaktifkan kegiatan perkoperasiannya.  

Memotivasi agar kegiatan perkoperasian berjalan aktif,  Disperindagkop UKM Kota Pagaralam mendaftarkan puluhan koperasi untuk mendapat sertifikasi atas keaktifannya ke pusat.

Saat ini sudah ada 10 koperasi yang sudah memiliki sertifikat. Terakhir 7 koperasi baru mendapatkan sertifikat, dengan kata lain sudah terdaftar di Kementrian Koperasi,” ujar Kepala Disperindagkop UKM Kota Pagaralam,melalui Kabid Koperasi, Rafrizal SIP,

Diakui Rafrizal, masih banyak koperasi yang tak lagi aktif alias tinggal nama di Pagaralam. Dia menjelaskan, ada 123 koperasi tersebar di lima kecamatan. Dengan rincian, di Pagaralam Utara ada sebanyak 21 koperasi, Pagaralam Selatan 44 koperasi, Dempo Utara 34 koperasi, Dempo Selatan 18 koperasi, sementara 6 koperasi di Dempo Tengah.

Dari jumlah ini, hanya 63 unit koperasi yang dinyatakan aktif. Mereka yang belum miliki sertifikat di tahun ini juga kita usulkan koperasi untuk didaftarkan ke Kementrian Koperasi,” katanya.

Mereka yang diusulkan agar mendapatkan sertifikat ini adalah koperasi yang kepengurusan dan usahanya aktif. Juga aktif melaporkan kegiatannya salahsatunya laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke dinas. Program Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Koperasi ada sejumlah program. Salahsatunya menggelontorkan bantuan ke koperasi.

Bantuan ini tentunya tidak sembarang dibagikan kepada koperasi. Hanya yang benar-benar aktif dan memiliki sertifikat atau sudah terdaftar di Kementrian Koperasi,” pungkasnya. [irm]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah