ASN Harus Paham Data

Daerah  SELASA, 22 OKTOBER 2019 , 11:34:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

ASN Harus Paham Data

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Para Aparatur Sipil Negara (PNS) khususnya pada Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) harus peduli dan paham dengan data, khususnya data sektoral yang menjadi tanggungjawab masing-masing OPD.

Jangan sampai data yang ada hanya sekedar aksesoris, yang berakibat kebijakan yang diambil ‘tidak nyambung” dan atau bahkan salah arah.

Demikian disampaikan Sekda OKU H. Achmad Tarmizi, pada acara Focus Group Discussion (FGD) Kabupaten OKU Dalam Angka dan Ekspose Data Indikator Sosial dan Ekonomi, di Aula Abdi Praja.

Sekda berharap para pejabat memahami masing-masing tugas, fungsi dan tanggungjawabnya, agar membuat laporan secara berkala, melakukan evaluasi di setiap kegiatan secara priodik.

Dengan melakukan evaluasi secara priodik akan dimiliki data yang update, dan tentunya perencanaan pembangunan di segala sektor dapat terwujud sesuai dengan harapan bersama.

Sesuai amanah Undang-Undang No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik serta Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik, maka Badan Pusat Statistik (BPS) diberikan amanah untuk melaksanakan kegiatan statistik dasar, statistik sektoral dan statistik khusus.

Menyadari peran penting  BPS, data statistik yang dihasilkan saat ini senantiasa menjadi rujukan, pedoman bagi pemerintah untuk memformulasikan kebijakan serta digunakan dalam merencanakan pembangunan, baik nasional, sektoral, maupun regional dalam arti daerah untuk meningkatnya kesejahteraan rakyat.

Tahun 2018 yang lalu telah dilaksanakan MoU antara Bupati OKU dan Kepala BPS Kabupaten OKU tentang Pengembangan Data dan Informasi Pembangunan  yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo sebagai leading sektor dalam penyediaan data statistik sektoral.

Sekda mengharapkan dengan adanya MoU ini peran BPS yang berkoordinasi dengan Diskominfo dan OPD terkait dapat lebih besar lagi  dalam rangka penyediaan data dan informasi statistik daerah atau sektoral.

Ditegaskan, bahwa setiap instansi pemerintah wajib menyelenggarakan statistik sektoral sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Artinya setiap OPD wajib membuat laporan kegiatan berupa tabulasi data yang mencerminkan kegiatan setiap OPD secara berkala, baik bulanan, triwulanan maupun tahunan.

Dengan adanya laporan kegiatan seperti ini Bupati/Kepala Daerah serta seluruh lapisan masyarakat dapat mengetahui sejauh mana kinerja setiap OPD.

Sementara itu Kepala BPS OKU, Budiriyanto menyampaikan, kegiatan FGD merupakan salah satu tindaklanjut dari penandatangan MoU antara Bupati OKU dan Kepala BPS OKU tentang Pengembangan Data dan Informasi Pembangunan Tahun 2018 di Kabupaten OKU. [irm]



Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah