Tanaman Palembang Banyak Rusak Akibat Kemarau Panjang

Ragam  SELASA, 22 OKTOBER 2019 , 09:32:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Tanaman Palembang Banyak Rusak Akibat Kemarau Panjang

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Kemarau panjang yang terjadi belakangan, membuat kondisi taman di Palembang berubah warna. Bahkan, akibatnya 30 % Taman di Palembang Rusak dan tidak terawat.

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Aguatinda menerangkan, kemarau panjang membuat tanaman yang berada di median jalan kering.

"Saat ini kondisi taman di Palembang kering dan layu. Apalagi musim kemarau ini, jadi musim yang cukup panjang," ulasnya.

Fitri mengaku, dari 400 hektar luasan tanah yang ada di Kota Palembang, 30% dalam kondisi rusak. Kerusakan ini karena dampak kemarau berkepanjangan.

"Meski kita rutin melakukam penyiraman, tetap saja itu tidak terlalu maksimal. Dimana, jadwalnya Pagi dan sore penyiramam," jelasnya.

Sememtara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PeraKP) Kota Palembang, Affan Mahali menyebutkan, dari 400 hektar luasan taman yang ada di Kota Palembang, 30% dalam kondisi rusak.

"Kerusakan ini karena dampak kemarau berkepanjangan. Tapi kita rutin melakukam penyiraman dua kali dalam sehari. Pagi dan sore penyiramam dilakukan karena idealnya memang pagi sekitar pukul 10.00 WIB dan malam hari," bebernya.

Untuk itu, pihaknya tahun ini fokus pada perbaikan taman diantaranya, Musi II, Jalan Noerdin Pandji, Komplek PDK, Dempo dan simpang lampu merah di jalan protokol. "Saat ini, kita prioritaskan perbaikan taman di Jalan protokol dan jalan nasional," sampainya.

Tahun ini lanjut Affan, pihaknya menganggarkan Rp17 miliar dari APBD Perubahan untuk pemeliharaa taman, berupa penyiraman, penggemburan tanah dan pemupukan. Ke depan kata dia, pihaknya akan menyiapkan DED (detail engineering design). Sehingga, ketika ada bantuan maka bisa menggunakan masterplain yang sudah disiapkan supaya merata.

"Kalau ada yang ingin membantu kita siapkan masterplainnya supaya seragam. Tahun ini juga kita akan mempercantik taman dengam beberapa jenis bunga berwarna seperti bougenvil, tabebuya yang memiliki warna-warna yang cantik," tandasnya. [irm]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00