Gempa Besar Guncang Filipina Dalam Dua Hari Berturut-turut

Sosial  KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:55:00 WIB

Gempa Besar Guncang Filipina Dalam Dua Hari Berturut-turut

net

RMOLSumsel. Masuk ke dalam Ring Fire atau Cincin Api Pasifik, Filipina menjadi salah satu negara paling rawan bencana di dunia. Mulai dari gempa bumi, topan, hingga aktivitas vulkanik kerap kali melanda negara di utara Indonesia itu.

Dilansir dari Al Jazeera, sedikitnya lima orang tewas dan belasan orang lainnya dilaporkan terluka setelah gempa berkekuatan 6,3 skala richter (SR) mengguncang Filipina Selatan pada Rabu (16/10) pukul 19.30 waktu setempat.

Menurut Institusi Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs), gempa yang menyebabkan tanah longsor hingga kebakaran di sebuah pusat perbelanjaan ini diketahui memiliki titik pusat di Cotabato Utara dan provinsi yang ada di sekitarnya.

Saat gempa terjadi, orang-orang dilaporkan langsung berhamburan keluar rumah dan bangunan-bangunan lainnya. Gempa ini juga membuat para pasien di rumah sakit diungsikan ke jalan-jalan.

Selain itu, gempa juga menghancurkan tiga lantai sebuah mal di General Santos City yang memicu kobaran api. Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Keesokannya pada Kamis (17/10) pukul 5 pagi, gempa kembali mengguncang, kali ini titik pusatnya di Provinsi Davao Oriental dengan kekuatan 5,3 SR. Menurut Phivolcs, gempa ini bukanlah gempa susulan dan tidak ada kerusakan yang dilaporkan.

Pada 1990, Filipina pernah diguncang gempa mematikan dengan kekuatan 7,7 SR. Gempa tersebut kemudian menewaskan hampir 2.000 orang di negara  kepulauan tersebut.[sri]















Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah
Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00