Hati-hati! Mayoritas Teroris Dibaiat Online

Investigasi  RABU, 16 OKTOBER 2019 , 21:01:00 WIB

Hati-hati! Mayoritas Teroris Dibaiat Online
RMOLSumsel. Waspada dan bijaksanalah dalam berinternet. Pilih konten yang tidak membawa ke jalan sesat. Sebab saat ini muncul fenomena baru, pelaku tindak pidana terorisme dibaiat via internet.

Data itu terungkap dari hasil mapping Mabes Polri melalui Densus 88 Antiteror. Diektahui 90 persen pelaku terorisme berbaiat (mengikat janji bergabung) dalam jaringan terorime melalui internet alias online.

Begitu yang disampaikan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal kepada wartawan usai FGD Divisi Humas Polri, di Amarosa Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (16/10).

"Hampir 90 persen mereka berbaiat secara online. Oleh karena itu saya menyebutnya adalah fenomena baru," kata Iqbal sepeti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL.

Fenomena jaringan teroris yang tidak lagi bertemu langsung ini, lanjut Iqbal, memanfaatkan flatform media sosial seperti Whatsapp Grup, Telegram hingga YouTube dan Facebook.

"Mereka berkomunikasi dan berinteraksi di sana sampai dengan interaksi mereka melakukan diskusi tentang ideologi mereka, hingga merakit bom," papar Iqbal.

Hal ini menjadi salah satu yang menyulitkan kerja Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror untuk melakukan upaya penegakan hukum secara paksa alias menangkap para terduga teroris.

"Karena mereka melakukan interaksi belajar merakit bom melalui online, otomatis borderless adalah tanpa batas karena itu mereka berpencar berada dimana-mana dan jumlahnya kita duga tidak sedikit," jelas Iqbal.

Meski demikian, Densus 88 mampu menjawab tantangan itu dengan bukti melakukan penangkapan sebanyak 180 orang terduga teroris sejak Januari hingga Oktober 2019. Dan pasca penikaman Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Densus 88 sudah menangkap sebanyak 36 orang.

"Alhamdulillah kita dapat melakukan pengungkapan atau penghentian karena tidak semua tersangka hanya beberapa tersangka dan kita dapati barang buktinya," demikian Iqbal. [ida]
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00