Kabul: KPU-Bawaslu Jangan Cengeng !

Daerah  SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 08:42:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Kabul: KPU-Bawaslu Jangan Cengeng !

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Naskah Perjanjian Hibah (NPHD) dana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, sudah diteken Bupati H. Kuryana Azis dan Ketua KPU, Naning Wijaya, kemarin (14/10).

Adapun besaran dana yang disetujui untuk penyelenggaraan pesta demokrasi itu sebesar Rp40.5 miliar. Tinggal lagi, menunggu penandatanganan NPHD dana pengawasan bagi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) OKU.

Nah, kaitannya itu, berapapun besaran dana Pilkada untuk KPU maupun dana pengawasan untuk Bawaslu nanti, kedua lembaga penyelenggara Pilkada itu harus maksimal dalam melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan sekali ini.

Koalisi Masyarakat Peduli Pemilihan Kepala Daerah, Ahmad Kabul SH, menegaskan, tidak ada alasan bagi penyelenggara Pemilu untuk tidak maksimal dalam melaksanakannya.

Jangan cengeng hanya gara-gara nominal anggaran dana Pilkada yang digelontorkan pemerintah. Harus siap menyelenggarakan sesuai tahapan secara maksimal dan tetap profesional,” tegas pria yang berprofesi sebagai advokat itu.

Lanjutnya, berapapun besaran dana yang disetujui, diharapkan dapat dipergunakan sebaik-baiknya. Dan sekali lagi dia menegaskan, bahwa soal anggaran, jangan jadi alasan pelaksanaan Pemilu tidak berjalan maksimal.

Tetap jalankan fungsi dan tugas sebagaimana mestinya. Karena Pilkada adalah momentum rakyat untuk menentukan pemimpinnya lima tahun kedepan,” cetus pengacara kondang di Baturaja ini.

Sorotan khusus ia sampaikan kepada Bawaslu, dimana dirinya mendorong agar Bawaslu OKU bisa bekerja maksimal dalam mengawal pelaksanaan Pilkada 2020.

Kinerja pengawasan Pilkada kali ini harus bisa lebih maksimal dan berkualitas.  Apalagi dalam Pilkada 2020 ini, Pengawas Pemilu sudah jadi permanen, tidak lagi adhoc. Harapan kita semua, tak lain agar Pilkada nanti bisa berjalan dengan fair dan jujur. Dan seluruh proses serta tahapan berjalan dengan bersih dan baik,” demikian Kabul. [irm]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah