"Pembobol" Bank SumselBabel Rp 15M Segera Diadili..

Laporan: Haris Suprapto

Kriminal  MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:44:00 WIB

RMOLSumsel. Setelah menerima berkas dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel, Pengadilan Tipikor Palembang langsung melakukan penetapan majelis hakim dan jadwal persidangan terhadap Komisaris PT Gatramas Internusa Ir Augustinus Judiarto (50).

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan seperti tercantum dalam website Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Palembang, perkara pemberian fasilitas kredit modal kerja dari Bank Sumsel Babel (BSB) kepada PT Gatramas Internusa senilai Rp15 miliar itu akan disidangkan di Ruang Sidang Garuda, pada Kamis (17/10) mendatang.

Benar, jadwal sidang perdana telah ditetapkan Kamis nanti, hakimnya Erma Suharti sebagai hakim ketua dan dua hakim anggota lainnya yakni Adi Prasetyo dan Saepudin,” ujar Juru Bicara Pengadilan Negeri Palembang Hotnar Simarmata, Minggu (13/10).

Seperti diberitakan sebelumnya, Ir Augustinus Judiarto telah menjalani penahanan di Rutan Pakjo Palembang. Ia diduga melakukan tindak pidana korupsi pada pemberian fasilitas kredit modal kerja Bank Sumsel Babel (BSB) pada 2014 silam.

Pelaku berhasil "membobol" (dapat kredit) Rp 15 miliar dengan nilai sejumlah barang yang diagunkan diduga dimark up sehingga fasilitas kredit yang didapatkan lebih besar.

Dalam perjalanannya, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan minyak dan gas serta beroperasi di wilayah Kalimantan ini tidak bisa melakukan pembayaran atau kredit macet.

Sehingga dari nilai pinjaman senilai Rp15 miliar negara mengalami kerugian sampai Rp13,8 miliar. Hal itu terungkap dari penyelidikan oleh Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sumsel pada Februari 2019.

 Kemudian pada September 2019 Komisaris dan Direktur PT Gatramas Internusa ditetapkan sebagai tersangka, langsung dijebloskan ke sel tahanan. Sementara satu tersangka lainnya, yakni Direktur di PT Gatramas Internusa juga ditetapkan sebagai tersangka, namun yang bersangkutan meninggal dunia.

Selain itu setelah tim jaksa penuntut umum menyiapkan surat dakwaan, berkas perkara Ir Augustinus langsung dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Palembang untuk disidangkan pada 7 Oktober lalu.[ida]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah