Putri Amien Rais Terancam Penjara...

Hukum  SABTU, 12 OKTOBER 2019 , 10:35:00 WIB

Putri Amien Rais Terancam Penjara...
RMOLSumsel. Selalu diingatkan, semua orang harus bijaksasna bermedia sosial. Sebab jika kebijaksanaan diabaikan, netizen bisa memposting apa saja sesuka hati. Dan akibatnya bisa berujung di penjara.

Demikian yang terjadi dengan beberapa akun yang telah dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh pria bernama Jalaludin kemarin.

Salah satu yang dilaporkannya adalah akun putri Amien Rais yaitu Akun Twitter @hanumrais. Selain itu, akun Twitter @JRX_SID, @fullmoonfolks dan dua akun Facebook bernama Jonru Ginting dan Gilang Kazuya Shimura juga dilaporkan.

Laporan ini diterima dan teregister dengan nomor LP/6558/X/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus 11 Oktober 2019. Sejumlah akun media sosial itu diduga Pasal 28 ayat 2 ITE, kemudian Pasal 14 dan 15 UU No 1 Tahun 1946.

Kuasa hukum pelapor yakni Muannas Alaidid membenarkan adanya laporan itu. Pelaporan dilakukan karena akun medsos itu melakukan penyebaran kabar bohong atau hoaks seputar penusukan yang dialami Menko Polhukam Wiranto.

Laporan dilakukan karena akun itu menyebarkan ujaran kebencian dan berita hoaks terkait kasus penusukan yang dialami oleh Menko Polhukam Wiranto," kata Muannas ketika dihubung, Jumat (11/10).

Muannas yang juga Ketua Cyber Indonesia menuturkan, dalam pelaporan, pihaknya menyertakan beberapa barang bukti seperti screenshoot status akun media sosial yang dimaksud juga link URL yang semua disimpan dalam sebuah flashdisk.

Dengan adanya laporan itu, pihaknya meminta kepolisian menindaklanjutinya.

"Kami Cyber Indonesia meminta kepolisian untuk mengusut akun-akun media sosial penyebar berita bohong, kebencian, dan provokasi serta mengklarifikasi atas dasar apa pemilik akun berpendapat dan menyebarluaskan pendapatnya,” tandas Muannas. [ida]

Komentar Pembaca
Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00