Erdogan: Turki Tidak Segan Buka Gerbang Dan Kirim 3,6 Juta Pengungsi Suriah Ke Eropa

Politik  KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 22:50:00 WIB

Erdogan: Turki Tidak Segan Buka Gerbang Dan Kirim 3,6 Juta Pengungsi Suriah Ke Eropa
RMOLSumsel. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tidak segan untuk membuka gerbang bagi para pengungsi Suriah yang bermukim di negaranya agar bisa bermigrasi ke Eropa jika negara-negara di benua itu memberi label pada kampanye militer Turki di Suriah timur laut sebagai "okupasi".

Dia menekankan, peringatannya itu akan membuat 3,6 juta pengungsi Suriah dikirim ke Eropa.

Peringatan tersebut disampaikan Erdogan dalam dalam pidatonya di sebuah pertemuan anggota parlemen dari partai Keadilan dan Pembangunan (AK) pada Kamis (10/10), seperti dimuat The Guardian.

Peringatan itu disampaikan tidak lama setelah Turki meluncurkan kampanye militer dengan mengerahkan pesawat tempur dan artileri untuk memasuki kota-kota perbatasan di Suriah timur untuk merebutnya dari pasukan Kurdi yang didukung Amerika Serikat.

Pasukan Turki diketahui melintasi perbatasan ke timur laut Suriah pada Rabu malam (9/10) setelah serangan udara dan artileri sebelumnya mengisyaratkan dimulainya operasi yang telah direncanakan untuk membangun zona penyangga sepanjang 20 mil antara kedua negara.

Militer Turki kemudian mengatakan telah mencapai 181 "target militan".

Pasukan Turki pun terlibat bentrok dengan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) di pinggiran kota Tel Abyad dan Ras al-Ayn, Suriah.

Sementara itu, kantor berita pemerintah Turki, Anadolu mengklaim bahwa milisi Suriah yang beraliansi dengan Ankara telah menguasai sebuah kota kecil dekat Tel Abyad yang disebut Yabisa.

Kementerian Pertahanan Turki mengklaim pada Kamis pagi (10/10) bahwa militer telah mencapai target sejauh ini, sesuai dengan rencana.

Sedangkan Erdogan, dalam kesempatan berbeda mengatakan bahwa pasukannya telah membunuh 109 pejuang SDF.

Sementara itu di sisi lain, SDF mengklaim berhasil memukul mundur pasukan Turki sebelum berhasil memasuki dua kota lainnya.[sri]



Komentar Pembaca
Tidak Ada Tindakan Tegas, Perekonomian Bisa di Bawah 5 Persen
Pencuri di Semarang Hanya Butuh 10 Detik Gasak Motor
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah