Paceklik dan Ujung Tahun, Masjid Pagaralam Mulai Tidak Aman

Sosial  KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 20:59:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Paceklik dan Ujung Tahun, Masjid Pagaralam Mulai Tidak Aman

ist

s[RMOLSumsel. Musim paceklik yang terjadi di penghujung tahun selalu identik dengan tindak pidana kriminal di wilayah hukum Kota Pagaralam seperti halnya begal, jambret, curat, serta curas.

Meskipun beberapa bulan terakhir jajaran Polres Kota Pagaralam sudah berhasil mengungkap kasus banyaknya pembobol kotak amal masjid di beberapa daerah Kota Pagaralam, namun tak membuat pelaku lainya jera untuk melakukan aksi serupa.

Informasi yang dihimpun RMOLSumsel, Masjid Al-Falah Salah satu masjid yang berada di kawasan Mekar Alam Kelurahan Pagaralam Kecamatan Pagaralam Utara nyaris saja mengalami kerugian oleh seseorang yang tak dikenal yang diduga berusaha masuk ke dalam untuk melakukan aksi kejahatan. Namun aksi tersebut gagal karena keburu diketahui oleh masyarakat sekitar.

Ferdy Sevrano (35) salah seorang warga sekitar menuturkan bahwa peristiwa tersebut justru terjadi pada siang hari sekira pukul 11.00 WIB,dimana seorang laki-laki tak dikenal tersebut mondar-mandir tepat di depan pintu Masjid.

"Karena curiga, salah seorang warga menegur dan bertanya apa tujuan dirinya,dan dijawab hendak numpang ke toilet," beber Ferdy.

Akan tetapi, setelah mendapat teguran itu, lelaki tak dikenal tersebut melarikan diri sekencang-kencangnya ke arah kebun samping masjid.

"Dan disanalah beberapa masyarakat sekitar berusaha mengejar,namun kalah cepat dengan pelaku," terangnya

Ferdy menambahkan,dugaan aksi kejahatan yang dilakukan orang tersebut dibenarkan oleh rekaman CCTV masjid, dalam rekaman itu laki-laki berusia sekitar 30 an tersebut memang berusaha untuk membuka pintu masjid dengan gerak-gerik takut ketahuan oleh orang lain.

"Alhamdulillah kejadian yang tidak kita inginkan tidak terjadi, namun masyarakat sudah mewanti-wanti agar hal ini tidak terjadi lagi, dalam arti kata mulai waspada terhadap pelaku kejahatan yang berusaha melarikan kotak amal masjid," tukasnya.

Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara SIk melalui Kapolsek Pagaralam Utara AKP Herry Widodo SH mengatakan,bahwa setelah mendengar kejadian ini beberapa personel Polsek PAU langsung datang ke lokasi.

Dirinya megimbau, untuk kasus seperti ini pengurus masjid agar lebih berhati-hati tidak hanya kotak amal namun juga barang-barang berharga lainnya yang ada di dalam masjid,  selain itu juga untuk mempermudah mendeteksi tindak kriminal tidak ada salahnya jika masjid dipasang CCTV.

"Dengan adanya hal seperti ini juga nantinya kita akan rutin melakukan patroli ke masjid-masjid yang ada di wilayah hukum Kota Pagaralam," imbuhnya.[sri]



Komentar Pembaca
Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang

Peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 23:48:21

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00