Tempoyak Jadi Warisan Budaya Indonesia

Ragam  RABU, 09 OKTOBER 2019 , 22:59:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Tempoyak Jadi Warisan Budaya Indonesia

ILUSTRASI

RMOLSumsel. Tidak hanya pempek, ternyata tempoyak jadi salah satu warisan budaya Indonesia. Bahkan, sambal tempoyak dan tanjak, membawa Kota Palembang menerima dalam kegiatan Apresiasi Penetapan Warisan Budaya Takbenda yang diwakili oleh Pemprov Sumatera Selatan di Istora Senayan Jakarta, kemarin malam, Selasa (8/10/19).

"Jadi tidak hanya pempek dan kue maksubah, tempoyak juga masuk sebagaj warisan budaya yang menjadi ciri khas Kota Palembang," terang Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, Rabu (9/10/19).

Fitri menerangkan, Palembang masih banyak memiliki potensi warisan budaya yang akan membawa kota empek-empek ini dapat dikenal diseluruh Indonesia bahkan dunia Internasional.

Melalui ajang tersebut, maka Tanjak dan Tempoyak sebagai warisan budaya, bisa menjadi gerbang utama untuk menjadikan kota ini sebagai kota dengan beragam warisan budaga.

"Untuk lebih lanjutnya, kepada dinas terkait untuk segera didaftarkan atau dipatenkan guna menghindari hal yang tidak diinginkan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Zanariah membenarkan sesuai intruksi Wakil Walikota, pada tahun depan tempoyak dan beberapa warisan budaya lain akan didaftarkan.

"Kita juga akan mendata kembali warisan leluhur kita. Berdasarkan data secara menyeluruh dari kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ada 1086 Se Indonesia warisan budaya yang telah terdata. Untuk Palembang sendiri kuliner warisan leluhur Tempoyak menjadi salah satu tampilan berbeda diantara kota lain," terangnya.

Selain Palembang, ada Kabupaten Muaraenim yang menampilkan tarian Zamrud.

"Mudahan setelah kita melalui tahapan proses kita kembali masukan kebudayaan lainya sehingga lebih mengenalkan ragam budaya asal kota Palembang," tandasnya. [irm]

Komentar Pembaca
Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00