Tolak One China Policy, Praha Batalkan Sister City Dengan Beijing

Sosial  SELASA, 08 OKTOBER 2019 , 15:40:00 WIB

Tolak One China Policy, Praha Batalkan Sister City Dengan Beijing

net

RMOLSumsel. Praha membatalkan kerja sama sister city dengan Beijing. Hal ini dikarenakan Praha enggan memasukkan 'one china policy' ke dalam perjanjian kemitraan.

Dilansir Taiwan News, Walikota Praha, Zdenek Hrib mengaku telah mempertimbangkan posisinya atas klaim China terhadap Taiwan. Langkah ini pun diindikasikan sebagai sikap pemerintah Ceko untuk memperkuat hubungan dengan Taiwan.

Dalam surat kabar Expats, Dewan Kota Praha melakukan pertemuan pada Senin (7/10) untuk membahas persoalan tersebut. Bahkan Majelis Kota akan memberikan pernyataan perihal keputusan ini.

Beijing dan Praha telah menjalin kerja sama sister city sejak 2016. Ketika itu, Walikota Praha sebelumnya, Adriana Krnáčová setuju menjalin kerja sama setelah Presiden China Xi Jinping melakukan kunjungan.

Namun saat ini Walikota Praha, Zdenek Hrib telah menunjukkan dukungan kuat untuk Taiwan. Pada Januari lalu, Hrib mulai menyerukan untuk menghapus kebijakan satu China. Hrib bahkan melakukan kunjungan ke Taiwan pada bulan Maret lalu yang kemudian dikecam oleh China karena sikap pro-Taiwan.

Merespons keputusan Praha, China juga telah membatalkan berbagai acara kebudayaan dan tur antarkota yang dinamakan Prague Philharmonic.

Selain Beijing, Praha juga menjalin sister city dengan Guangzhou dan Shanghai. Di sisi lain, Praha juga memiliki sister city dengan Taipei, Taiwan. [sri]

Komentar Pembaca
Tidak Ada Tindakan Tegas, Perekonomian Bisa di Bawah 5 Persen
Pencuri di Semarang Hanya Butuh 10 Detik Gasak Motor
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah