Biaya Sertifikasi Guru Mencapai Rp 9,5 Juta

Sosial  SELASA, 08 OKTOBER 2019 , 12:59:00 WIB

Biaya Sertifikasi Guru Mencapai Rp 9,5 Juta
RMOLSumsel. Dipastikan Program Sertifikasi Guru atau Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan Mandiri diminati banyak peserta. Namun demikian, tidak akan banyak yang mampu mengikutinya. Karena biayanya terlalu tinggi.

Menurut Ketum Ikatan Guru Indonesia (IGI) M Ramli Rahim, jumlah sarjana lulusan pendidikan cukup banyak. Ramil yakin, besaran biaya berkisar Rp 7,5 juta sampai Rp 9,5 juta per semester, tidak mengurangi minat pendaftar.

Ramli membeberkan, sasaran peserta PPG prajabatan mandiri itu adalah para sarjana. Program tersebut bagi IGI masih dianggap bagian dari perkuliahan.

Jika para sarjana pendidikan bisa melanjutkan pendidikan ke Strata Dua dalam jumlah yang besar, berarti ada kemampuan di dalamnya. Apalagi PPG ini sudah mengerucut menuju jalan menjadi guru, sehingga biaya untuk mengikuti program tersebut bakal ditanggung oleh orang tua masing-masing.

"Jadi meskipun belum bekerja menjadi guru, pendaftar PPG mandiri kami perkirakan tetap banyak," ujarnya seperti diberitakan JPNN.Com, Selasa (8/10).

Dia berharap para sarjana belum bisa bekerja sesuai profesi itu, jika belum mengambil pendidikan profesi guru. Contohnya, dokter belum bisa praktik hanya dari ijazah kedokteran. Harus mengambil profesi kedokteran dulu

"Nah untuk profesi guru kami berharap pemerintah maupun pengelola yayasan pendidikan tidak sembarangan merekrut guru. Calon guru yang direkrut harus sudah memiliki sertifikat profesi guru. Namun, perlu waktu satu atau dua tahun lagi untuk menerapkan sistem ini," tandasnya.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Mandiri Pada tahap awal pendaftaran dibuka bulan depan. Total ada 63 unit kampus Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang mendapatkan kuota PPG prajabatan mandiri. Total kuota yang disiapkan adalah 12.225 kursi. [ida]

Komentar Pembaca
Tidak Ada Tindakan Tegas, Perekonomian Bisa di Bawah 5 Persen
Pencuri di Semarang Hanya Butuh 10 Detik Gasak Motor
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah