Inilah Dampak Media Sosial pada Kesehatan

Lifestyle  SELASA, 08 OKTOBER 2019 , 12:41:00 WIB

Inilah Dampak Media Sosial pada Kesehatan
RMOLSumsel. Studi yang diterbitkan Lancet Child & Adolescent Health  menemukan, anak perempuan yang sering menggunakan media sosial akan lebih merasakan dampaknya pada kesehatan ketika menerima cyberbullying, kurang tidur, dan olahraga.

Akan tetapi faktor-faktor tersebut tampaknya tidak memiliki efek yang sama pada anak laki-laki. Penelitian Lancet Child & Adolescent Health tidak menemukan cara-cara spesifik yang bisa membahayakan jaringan sosial.

"Pesannya adalah bahwa bukan penggunaan media sosial yang menyebabkan kerugian," kata rekan penulis studi, Dasha Nicholls, yang memimpin tim riset Kesehatan Mental Anak dan Remaja di Imperial College London, seperti dilansir JPNN.Com, Selasa (8/10).

Ini tentang mendapatkan keseimbangan antara penggunaan media sosial dan kegiatan lain yang sesuai usia, dan memastikan bahwa tidak ada hal-hal negatif spesifik yang terjadi secara online. Para peneliti menganalisis data dari studi Our Futures, yang melacak sekitar 10.000 remaja di Inggris selama tiga tahun.

Mulai tahun 2013, remaja (yang berusia 13-14 tahun) menjawab pertanyaan tentang frekuensi penggunaan media sosial dan interaksi sosial secara langsung, serta profil kesehatan dan demografi mereka. Pada tahun-tahun berikutnya, remaja yang sama memberikan informasi terbaru tentang penggunaan media sosial mereka, dan menanggapi pertanyaan lain tentang kesehatan mental, kebiasaan tidur dan aktivitas fisik mereka dengan cyberbullying.

Pada tahun 2013, hanya sekitar 43 persen remaja dalam penelitian ini yang mengatakan mereka secara rutin memeriksa media sosial beberapa kali sehari. Hal itu naik menjadi 59 persen di tahun kedua, dan 68,5 persen di tahun ketiga. Seiring waktu, penggunaan media sosial sering dikaitkan dengan penurunan kesehatan mental dan kesejahteraan, yang diukur dengan tanggapan terhadap pertanyaan tentang tekanan psikologis, kepuasan hidup, kebahagiaan, dan kecemasan.

Media sosial tampaknya memiliki dampak yang lebih kuat pada anak perempuan, tetapi hubungan itu juga ada untuk anak laki-laki. Gambaran itu menjadi semakin rumit ketika para peneliti memeriksa pengguna media sosial mana yang juga melaporkan cyberbullying, kurang tidur dan kurang olahraga, yang mereka pikir bisa bertanggung jawab atas sebagian besar masalah.

Para peneliti menemukan bahwa ketiga faktor tersebut hampir bisa sepenuhnya memprediksi apakah penggunaan media sosial yang sering akan membahayakan kesejahteraan gadis remaja. Cyberbullying tampaknya paling merusak bagi anak perempuan, diikuti oleh kurang tidur dan kurang olahraga.

Namun pada anak laki-laki, faktor-faktor ini hanya menjelaskan 12 persen hubungan antara media sosial dan kesehatan mental yang buruk. Ada beberapa alasan yang mungkin benar. Untuk satu hal, anak perempuan cenderung lebih rentan daripada anak laki-laki untuk kondisi kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan saat mereka tidak menggunakan gadget.

Anak perempuan juga mengalami lebih banyak cyberbullying daripada anak laki-laki, dan Nicholls mengatakan mereka mungkin secara unik terganggu oleh aspek-aspek tertentu, termasuk komentar tentang penampilan dan perbandingan negatif dengan yang lain.

Mungkin yang lebih mengejutkan bahwa kurang istirahat dan olahraga yang berasal dari aktivitas online tampaknya tidak memengaruhi anak laki-laki, karena kualitas tidur dan aktivitas fisik sangat terkait dengan kesehatan mental, terlepas dari gender. Karena anak perempuan melaporkan lebih sering menggunakan media sosial secara keseluruhan, mungkin anak laki-laki tidak mengorbankan tidur dan berolahraga sama seperti anak perempuan.

Penelitian ini, seperti kebanyakan pada topik ini, adalah observasional, yang berarti hanya bisa melihat pola dalam dataset-nya, daripada merancang studi laboratorium yang akan menentukan seberapa banyak media sosial yang digunakan anak-anak. Penelitian ini juga tidak bisa menilai sepenuhnya durasi penggunaan media sosial remaja. [ida]

Komentar Pembaca
Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00