Terdakwa Tenang, Pengacara Justru Mengamuk

OLEH: Harris Suprapto

Kriminal  SENIN, 07 OKTOBER 2019 , 20:20:00 WIB

Terdakwa Tenang, Pengacara Justru Mengamuk

rmolsumsel

RMOLSumsel.Sidang pembacaan vonis Ahmad Irawan alias Iwan Brek (46) terdakwa penganiayaan yang menyebabkan korban mengalami cacat permanen di Pengadilan Negeri Palembang tiba-tiba mencekam, Senin (7/10).

Tidak seperti biasanya kegaduhan muncul karena terdakwa emosi setelah vonis berat dijatuhkan, atau pihak keluarga korban atau terdakwa yang tak terima dan bisa ditenangkan pengacara, kali ini justru emosi pengacara yang meledak.

Defi Iskandar, selaku pengacara terdakwa Iwan Brek tiba-tiba mengamuk dan mengeluarkan nada tinggi serta mengacungkan jari telunjuk ke arah majelis hakim saat membacakan amar putusan delapan tahun penjara terhadap terdakwa, hingga membuat suasana ruang sidang berubah gaduh.

"Saya selaku kuasa hukum terdakwa menyatakan akan pikir-pikir dulu atas putusan yang mulia bacakan tadi, tapi selain itu saya juga akan melaporkan yang mulia ke Mahkamah Agung," bentak Defi kepada majelis hakim yang diketuai Ahmad Suhel.

Sedangkan dalam amar putusannya, majelis hakim berpendapat bahwa perbuatan terdakwa yang telah melakukan penyiraman air keras terhadap korban Muhammad Rifai terbukti bersalah melawan hukum dengan melakukan penganiayaan yang direncanakan hingga menyebabkan korban cacat secara permanen sebagaimana dalam Pasal 355 ayat (1) KUHP.

Sementara itu Tito Dalkuci, selaku kuasa hukum korban mengaku puas dengan putusan hakim, meski dua tahun lebih ringan dari tuntutan jaksa dan selama persidangan terdakwa tidak ada rasa penyesalan, namun putusan tersebut dirasa sudah tepat.

"Kami selaku kuasa hukum korban puas dengan putusan hakim tersebut, meskipun harusnya terdakwa dihukum lebih tinggi lagi,” tandasnya.[sri]
















 

Komentar Pembaca
Tidak Ada Tindakan Tegas, Perekonomian Bisa di Bawah 5 Persen
Pencuri di Semarang Hanya Butuh 10 Detik Gasak Motor
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah