Ternyata Dana Restorasi Sungai Sekanak Belum Termasuk Pembebasan Lahan

Sosial  SELASA, 01 OKTOBER 2019 , 14:20:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Ternyata Dana Restorasi Sungai Sekanak Belum Termasuk Pembebasan Lahan

Sungai Sekanak/rmolsumsel

RMOLSumsel. Kejelasan rencana restorasi Sungai Sekanak-Lambidaro Palembang, akhirnya menemui titik terang. Dimana, dalam waktu dekat pembangunan akan segera dilakukan.


Hal itu disampaikan Walikota Palembang, Harnojoyo usai mendengar paparan yang dilakukan tim konsultan termasuk kebutuhan anggaran.

"Hari ini, kita sudah mendengarkan paparan dari konsultan dan ini sudah final dari kajian DED yang telah dibuat," terangnya.

Harnojoyo mengungkapkan, sama seperti yang pernah disampaikan, untuk restorasi sungai Sekanak-Lambidaro ini, membutuhkan anggaran Rp394 miliar.

Pembiayaan sepenuhnya menggunakan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) melalui Kementrian Pekerjaam Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Hasil DED ini sudah final, dan akan kita bawa ke kementrian untuk dilaporkan. Setelah ini akan segera dilakukan tender," ungkapnya didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Kota Palembang, Ahmad Bastari.

Restorasi Sekanak-Lambidaro ini, merupakan salah satu komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dalam mewujudkan sistem transportasi serta penataan pengeolaan air yang selama ini telah membawa kejayaaan terhadap Kota Palembang.

"Kesan kumuh akan kita hilangkan. Kita targetkan mega proyek pembangunan restorasi sungai Sekanak-Lambidaro ini ditargetkan selesai pada tahun 2021," ulasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Kegiatan Perencanaan restorasi Sungai Sekanak-Lambidaro, Agung Setiono mengatakan final DED ini sudah dilakukan dengan sempurna.

"Untuk dana ini sudah fix sebesar Rp 394 miliar untuk merestorasi Sungai Sekanak Lambidaro ini," jelasnya.

Dana ini belum termasuk pembebasan lahan karena masalah pembebasan lahan ini dilakukan oleh pemkot.

Agung menjelaskan restorasi ini memang memakan biaya yang sangat besar.

"Terutama dalam pembangunan turap atau dinding sungai,  landsceape dan normalisasi yang hampir menelan biaya hampir 50 persen lebih dari dana yang diperlukan itu," jelasnya.[sri]

 



Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00