Penuhi Kebutuhan Air di Musim Kemarau, Warga Bikin Sumur Bor

Daerah  SABTU, 21 SEPTEMBER 2019 , 17:16:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Penuhi Kebutuhan Air di Musim Kemarau, Warga Bikin Sumur Bor

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Guna memenuhi kebutuhan air bersih, sejumlah warga Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan membangun sumur bor.

Diketahui bahwa selama musim kemarau panjang ini, menyebabkan beberapa daerah di wilayah setempat mengalami kekeringan air.

"Sejumlah warga di kelurahan kami berinisiatif membangun sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air bersih selama musim kemarau," kata Lurah Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu, Sugiono di Baturaja.

Dia mengemukakan, selama ini dalam memenuhi kebutuhan air bersih sebagian besar warga memanfaatkan air Sungai Ogan dan distribusi air dari PDAM wilayah setempat.

"Namun, sejak kemarau panjang tahun ini air Sungai Ogan sudah mulai dangkal dan distribusi air dari PDAM juga tidak lancar lagi akibat kemarau," tambahnya.

Oleh sebab itu, menurutnya sebagian besar warganya berinisiatif membangun sumur bor dengan biaya secara swadaya sumbangan masyarakat agar kebutuhan air bersih dapat tercukupi meskipun musim kemarau.

"Biaya membangun sumur bor ini tidak sedikit sehingga warga membangunnya dengan cara patungan yang dibangun hanya di dua titik saja," kata dia.

Oleh karena itu, lanjut dia pada tahun ini pemerintah kelurahan setempat juga akan membangun sumur bor guna menambah sarana air bersih bagi masyarakat di wilayah itu.

"Dengan ditambahnya satu titik pembangunan sumur bor ini diharapan dapat memenuhi kebutuhan air bersih seluruh warga kami," harapnya. [irm]

Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00