Dinilai Tak Bermanfaat, Normalisasi Sungai Dinas PU Diprotes

Sosial  JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:50:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Dinilai Tak Bermanfaat, Normalisasi Sungai Dinas PU Diprotes
RMOLSumsel. Sejumlah warga belakang SMA Kelurahan Beringin Jaya Kecamatan Pagaralam Utara memprotes pengerjaan normanilisasi sungai yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Pagaralam tepatnya di depan SMA Negeri 1 Kota Pagaralam.

Pasalnya, dampak dari pengerjaan tersebut berimbas dengan tidak stabilnya kebutuhan air milik warga setempat seperti kolam ikan dan persawahan,ditambah lagi tak jauh dari areal tersebut sedang berjalan proyek pembangunan saluran dari salah satu pihak ketiga (kontraktor) melalui Dinas Perkim.

Bentuk protes dilakukan warga dengan cara menghadirkan langsung camat serta lurah setempat untuk menyampaikan keluhan yang dirasakan warga.

Ketua RT 02 Aguan mengatakan, masyarakat tidak tahu apa tujuan dari pengerukan menggunakan alat berat yang dilakukan oleh dinas PU tersebut.

"Kami bingung apa yang dilakukan dinas PU itu, pasalnya akibat pengerjaan ini debet air yang masuk ke kolam dan sawah menjadi kecil," ujarnya.

Apabila debit air besar akibat musim hujan, aliran air tersebut berpindah ke aliran lain akibat tidak mampu mengaliri aliran yang menuju ke kawasan persawahan dan kolam ikan warga.

"Kami harap ini bisa diselesaikan oleh Dinas PU agar bisa diatasi. Pasalnya jika tidak maka akan berdampak buruk kepada aliran air kami," ujarnya.

Sementara Camat Pagaralam Utara Rahmad Ali Ramadhan mengatakan, akan mencarikan solusi untuk mengatasi masalah ini, salah satunya yakni menyampaikan laporan secara resmi pihak terkait.

"Jika melihat kondisi yang ada dan mendengar keluhan dari masyarakat memang pengerjaan tersebut (normalisasi sungai) justru tidak ada manfaatnya dan bahkan merugikan masyarakat setempat," ucapnya.

Sementara Kadis PU Kota Pagaralam Farliansyah ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa kegiatan tersebut lebih ke kegiatan pembersihan saluran saja mengantispasi luapan air apabila musim hujan.

"Karena kita juga melakukan hal itu saat kondisinya tidak ada air (kering)," jawabnya.

Menyikapi keinginan warga setempat ini,Farlin menegaskan akan kembali meninjau lokasi dan melihat langsung apa yang diinginkan oleh masyarakat.

"Tadi saya sudah kordinasikan dengan camat setempat, dan hari Senin nanti kita akan turun kelapangan," ucapnya lagi.[sri]























Komentar Pembaca
Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang

Peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 23:48:21

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00