Serbuan Teritorial Kegiatan Perjusami Kodam II Swj 2019

Oleh:Bubun Kurniadi

Sosial  RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 22:20:00 WIB

Serbuan Teritorial Kegiatan Perjusami Kodam II Swj 2019

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Kodam II Sriwijaya laksanakan kegiatan Perjusami bina generasi muda milenial menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi lebih baik dalam berkebangsaan.

Disampaikan, Panglima Kodam II/Sriwijaya melalui Asisten Teritorial, Kolonel Inf Rionardo bahwa sesuai dengan amanat Undang- undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI khususnya pasal 7 ayat 1 menyatakan tugas pokok TNI dan ayat 2 menyatakan bahwa tugas pokok TNI dilaksanakan melalui Operasi Militer Untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) serta pada butir 8 menyatakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan dan pendukungnya secara dini sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta.

Dengan adanya UU No. 34 tersebut terdapat korelasi dengan UU RI Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka serta kesepakatan bersama antara Pimpinan TNI AD dengan Ka Kwarnas Gerakan Pramuka pada Tahun 2007 tentang Kerja sama dalam usaha Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Bela Negara dan Kepramukaan.

Dari dasar tersebut TNI AD melaksanakan pembinaan kepemudaan yang dituangkan dalam kegiatan Pembinaan Gerakan Pramuka yang dimiliki TNI AD yaitu Pembinaan Saka Wira Kartika di seluruh Satkowil dan Sat Non Kowil jajaran TNI AD.

"Kegiatan tersebut bertujuan dalam membantu Pemda menyiapkan generasi muda guna menangkal masuknya budaya dan pergeseran norma bebas pada kalangan generasi muda yang mengarah pada perpecahan dan upaya penghilangan ke-Bhineka Tunggal Ika-an serta gotong royong dalam kehidupan masyarakat, " jelas Ketua Penyelenggara, Kolonel Inf Rionardo di Sanggar Pramuka Saka Wira Kartika Kodam II/Swj Palembang,  beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, pembinaan generasi muda oleh TNI AD dalam wadah Pembinaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan sepanjang tahun merupakan program TNI AD.

Dalam hal ini, Sterad yang melibatkan seluruh jajaran TNI AD guna melaksanakan tugas Pemberdayaan Wilayah Pertahanan di darat melalui kegiatan Pembinaan Teritorial.

Adapun pembinaan Saka Wira Kartika ini bertujuan pula untuk membangun kekuatan pendukung antara lain dilakukan melalui pembinaan sumber daya manusia untuk membentuk generasi muda yang berdedikasi tinggi, disiplin dan cinta tanah air.

"Hal ini juga dilakukan guna terciptanya kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara," sambungnya

TNI AD melalui penyiapan generasi muda Pembinaan Saka Wira Kartika, yang merupakan wadah kegiatan kepramukaan utamanya bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

Gerakan Pramuka itu sendiri mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa.

"Agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan yang berlandaskan jiwa Pancasila dan didasari UUD 1945, " paparnya.

Dalam pelaksaannya kegiatan tersebut juga berdasarkan Peraturan Pangdam II/Swj Nomor 1 Tahun 2019 tanggal 2 Januari 2019 tentang Program Kerja dan Kodam II/Swj selaku Kotama Pembinaan TNI AD TA. 2019 Sublampiran F bidang Teritorial; dan Pertimbangan Komando dan Staf Kodam II/Swj dengan maksud dan tujuan memberikan gambaran kepada Komando Atas tentang mekanisme pelaksanaanan kegiatan Perjusami Kodam II/Swj Tahun 2019.

Serta sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan Perjusami Kodam II/Swj Tahun 2019, sehingga dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar serta mencapai hasil yang optimal.

Tujuan Pelaksanaan kegiatan Perjusami Kodam II/Swj Tahun 2019 ini juga perlu memperhatikan aspek waktu, tempat, subjek, objek, sasaran, tujuan, materi, pengorganisasian, instruksi dan koordinasi dan referensi yang digunakan dalam penyusunan.

"Uraian aspek tersebut harus sinkron dengan yang lainnya, agar memudahkan dalam pengendalian serta sesuai dengan langkah-langkah dalam perencanaan. Peseta di kegiatan ini did ikuti oleh 200 orang Siswa/Siswi SMA se-Kota Palembang, " tutupnya. [sri]



Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00