Di Muara Belida

Herman Deru Dan Juarsah Panen Raya Dan Tanam Perdana Padi Rawa

Oleh:Edwinsyah

advertorial  RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 21:59:00 WIB

Herman Deru Dan Juarsah Panen Raya Dan Tanam Perdana Padi Rawa

Panen Raya dan Tanam Padi Perdana IP 200 seluas 2 ribu hektar

RMOLSumsel. Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH bersama Gubenur Sumsel H Herman Deru, Kapolda Sumsel Irjenpol Firli Bahuri, dan Kasdam II Srwijaya melakukan Panen Raya dan Tanam Padi Perdana IP 200 seluas 2 ribu hektar di Desa Arisan Musi Timur Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muara Enim, Rabu (18/9) sekitar pukul 09.00 wib.

Dalam sambutanya H Juarsah SH mengatakan, Pada Tahun 2018, produksi padi Kabupaten Muara Enim sebesar, 173.900,07 ton gabah kering panen, dengan luas panen seluas 38,406 hektar dan produktivitas padi sebesar 45,28 kwintal/ hektar.

Tahun 2019 target produksi padi Kabupaten Muara Enim sebesar 186.061 ton gabah kering panen, dengan sasaran luas panen 39.577 hektar dan produktivitas rata-rata 47,01 kwintal/hektar.

Oleh karena itu, Juarsah mengajak kepada seluruh petani  untuk meningkatkan luas tanam dan produktivitas padi di Tahun 2019 ini. Sehingga diharapkan target produksi padi Kabupaten Muara Enim akan dapat tercapai.

Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produksi diantaranya peningkatkan indeks pertanaman (IP) dari semula 100 menjadi IP 200.
Intensifikasi pertanian dan ekstensifikasi pertanian. Penggunaan benih padi unggul inbrida seluas 4 ribu hektar.

Pada Tahun 2019, Pemkab Muara Enim melalui dana APBN melaksanakan, pengembangan padi rawa melalui kegiatan SERASI (Selamatkan rawa sejahterakan petani) seluas 2 ribu hektar di Kecamatan Muara Belida dan Sungai Rotan.

Sedangkan untuk program melalui dana APBD Muara Enim, pembangunan jalan usaha tani, rehab jaringan irigasi, dan pengadaan alat mesin pertanian.

Menurut Juarsah, semua program pembangunan pertanian tersebut adalah upaya peningkatan kesejahteraan dan pendapatan petani Kabupaten Muara Enim.

"Saya bangga dengan masyarakat Desa Arisan Musi Timur dan sekitarnya terutama Gabungan Kelompok Tani Usaha Jaya yang sudah berperan aktif menjafi motivator dan pro aktif dalam memajukan pertanian,"ungkap Juarsah.

Semntara itu, Gubernur Sumsel yang sengaja mengajak Kapolda, Kasdam II Sriwijaya pada panen dan penanaman perdana padi IP 200 untuk mencontohkan kerja yang nyata dan efektif kepada masyarakat. Karena selain meningkatkan produktivitas pertanian, cara ini juga dapat mencegah karhutla dengan mengoptimalisasikan lahan rawa dan gambut.

Program SERASI dikatakannya juga efektif menekan kebakaran. Karena petani diajak dan dibiasakan tidak lagi membakar tapi mengelola lahan dengan alat mesin pertanian yaitu dengan menggunakan rotavator, traktor dan eksavator serta menggunakan teknologi modern lainnya. Dengan harapan peningkatan produktivitas ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

" Jadi ini bukan pamer atau gagah-gagahan tapi seperti inilah kerja yang efektif. Karena pada Program SERASI ini para petani banyak diberikan bantuan alat. Nah ada peran babinsa n babinkamtibmas menjaga alat tersebut agar tidak salah peruntukan. Karena ini khusus untuk petani. Sebelum selesai mengolah sawah dalam satu zona alat ini belum boleh dibawa pulang," jelasnya.

Dikatakan HD, sejak diluncurkan bulan awal tahun lalu, program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) di Provinsi Sumsel sudah terealisasi 70.000 hektare dari 200.000 hektare lahan yang ditargetkan. Dengan percepatan ini Ia optimistis Provinsi Sumsel bakal segera mengulang kejayaannya sebagai daerah lumbung pangan nasional seperti tahun 2007 silam. [ADV]





Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00