Lahat Catat Rekor MURI, Gulai Ayam Nanas dan Sambal Tempoyak Terbanyak

Politik  RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 20:22:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

Lahat Catat Rekor MURI, Gulai Ayam Nanas dan Sambal Tempoyak Terbanyak

Salah seorang anggota tim MURI sedang mencicipi hasil masakan gulai ayam nanas dan sambal tempoyak di Lahat, Rabu (18/9).

RMOLSumsel. Sejarah baru kembali tercatat bagi Kabupaten Lahat, setelah berhasil memecahkan rekor pada Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk penyaji masakan gulai ayam nanas dan sambal tempoyak terbanyak.
Pencatatan rekor ini dipelopori dan digerakkan oleh pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Lahat di Lapangan Seganti Setungguan, Rabu (18/9).

Pencatatan rekor ini juga menjadi awal kembali digelorakan cinta makanan khas daerah. 

Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Lidyawati Cik Ujang mengungkapkan, masakan gulai ayam nanas dan sambal tempoyak merupakan kuliner khas Lahat, yang kerap disajikan khususnya saat ada acara seperti persedekahan dan acara adat yang digelar warga Lahat.

Masakan ini sangat istimewa bagi warga Lahat, sehingga tak salah jika tercatat dalam rekor MURI. 

"Alhamdulillah kuliner andalan kita,  kuliner khas kita yakni gulai ayam nanas dan sambal tempoyak bisa memecahkan rekor MURI.  Ini berkat peran serta semua elemen, dan rekor ini milik kita bersama," kata dia.

Dia mengutarakan, tak sekedar mampu tercatat di rekor MURI, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk melestarikan, mengenalkan masakan khas kabupaten ini, bagi warga Lahat,  maupun dunia, bisa membuka peluang usaha rumahan bagi warga.

Kuliner ini merupakan karya nenek moyang yang harus kita jaga.  Apalagi,  masakan ini sangat kita senangi jangan sampai diklaim orang lain," beber Lidyawati.

Sementara itu, Bupati Lahat, Cik Ujang mengapresiasi langkah yang dilakukan pengurus PKK Lahat.  Menurutnya, prestasi rekor MURI ini sebagai penanda jika warga Lahat sangat mencintai dan menjaga kebudayaan, adat, khas yang diwariskan nenek moyang terdahulu. Pemkab Lahat  mendukung upaya semua pihak termasuk PKK, dalam melestarikan dan menjaga aset baik itu adat maupun budaya. 

"Apalagi setelah bisa memecahkan rekor ini, akan dimanfaatkan untuk meningkatkan ketahanan pangan bagi warga," tutupnya.

Sementara itu,  dalam penyajian masakan gulai ayam nanas dan sambal tempoyak itu, menghabiskan 1.888 ekor ayam kampung dan 1.800 kilogram tempoyak.  Sambutan suka cita tampak ketika tim dari MURI mengumumkan gulai ayam nanas dan sambal tempoyak berhasil masuk dalam rekor.  Dalam acara tersebut,  selain dihadiri ribuan warga Lahat,  juga hadir tamu dari kabupaten tetangga seperti Empat Lawang,  Muara Enim dan Pagar Alam. [sri]












Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00