Seluruh Lapisan Jaga Suhu Kamtibmas Selama Pilkades

Tanda Tangan Kesepakatan Bersama

Daerah  SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 20:15:00 WIB | LAPORAN: EDWINSYAH SATRIA

Seluruh Lapisan Jaga Suhu Kamtibmas Selama Pilkades

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Demi menjaga suhu politik dan dinamika masyarakat di Kabupaten Muara Enim selama pelaksanaan Pilkades, diharapkan peran serta semua pihak yang terlibat. Mulai dari masyarakat, penyelenggara dan petugas keamanan.

Hal ini disampaikan, PLT Bupati H Juarsah dalam sambutannya saat memimpin apel Gelar Pasukan Prngamanan Dalam Rangka PilkaDes Serentak 2019 di halaman Pemkab Muara Enim, Selasa (17/08).

Juarsah mengatakan, dalam pelaksanaan PilkaDes ini tentunya suhu politik dan dinamika masyrakat Kabupaten Muara Enim di pedesaan akan meningkat. Dimana peningkatan suhu politik dan dinamika masyarakat tersebut juga akan di iringi peningkatan kadar kerawanan kamtibmas yang perlu diantisipasi oleh semua pihak terkait.

Dalam kegiatan ini, semua pihak yang terkait dalam hal ini yakni pihak TNI, POLRI yang melaksanakan pengamanan PilkaDes mengerahkan segenap kekuatannya dalam pelaksanaan pengamanan PilkaDes di Kabupaten Muara Enim,” ujarnya, seraya menambahkan bahwa Apel bersama dan gelar pasukan kesiapan ini merupakan wujud tanggung jawab semua pihak

Selain itu, Juarsah menlanjutkan, mengamati dan mensikapi perkembangan situasi politik dan dinamika masyarakat yang ada di desa, menjadi kunci sukses dalam pelaksanaan tugas. Saya yakin dan percaya bahwa seluruh Anggota Polres Muara Enim yang akan melaksanakan tugas pengamanan pilkades, dapat membawa nama baik bagi kesatuan, pemimpin dan keluarga,” tambahnya lagi.

Dijelaskannya, beberapa kerawanan yang perlu mendapat perhatian antara lain adalah, terjadinya konflik antar pendukung, sabotase distribusi logistik, politik uang, unjuk rasa dengan mengerahkan massa pendukung yang berpotensi mengarah anarkhis, manipulasi suara, penculikan calon dan petugas pelaksana pilkades.

intimidasi kepada pemilih dan beberapa kerawanan pilkades secara keseluruhan apabila tidak diantisipasi dengan baik. Untuk itu saya minta kepada seluruh petugas pengamanan,” ujarnya.

Selain itu, untuk mempertajam diteksi dini terhadap setiap perkembangan situasi yang berpotensi mengarah menjadi gangguan kamtibmas dan lakukan tindakan tegas kepada setiap pelaku dari kelompok manapun yang melanggar hukum, karena pengamanan ini pada dasarnya bertujuan untuk melindungi kepentingan masyarakat luas. Kecermatan dan ketegasan kita dalam melaksanakan pengamanan, menjadi salah.

Untuk itu, saya juga mengaharapkan seluruh pelaksana pengamanan agar dapat melaksanakan tugas dengan menampilkan sosok polisi yang humanis dan tegas, sehingga masyarakat akan merasa terayomi dan terlindungi,” harapnya.

Terakhir Juarsah berharap, laksanakan tugas pengamanan dengan penuh keihklasan yang diniatkan sebagai ibadah kepada Allah SWT dan pengabdian kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara. Laksanakan pengamanan secara propesional dan penuh rasa tanggung jawab, dengan senantasi menjunjung tinggi supremasi hukum dan hak asasi manusia.

Pelihara disiplin, dan jaga teguh netralitas dan profesionalitas polri dalam melaksanakan tugas pengamanan. Tingkatkan ke waspadaaan dan ke siapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan, dengan selalu proaktif melakukan tindakan kepolisian sebagai upaya penanggulangan setiap perkembangan menjadi gangguan kamtibmas,” pungkasnya. [irm]

Komentar Pembaca
Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang

Peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 23:48:21

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00