Uji Kualitas Proyek Pemerintah, DPRD Bakal Gandeng Unbara

Politik  SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 11:59:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Uji Kualitas Proyek Pemerintah, DPRD Bakal Gandeng Unbara

H. Marjito Bachri./RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Untuk memperhatikan kualitas pengerjaan proyek infrastruktur yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) akan menggandeng Universitas Baturaja (Unbara) dalam hal pengujian kualitas proyek.

Ini mengingat, kampus orange (julukan Unbara) memiliki laboratorium beton. Hal ini disampaikan Ketua DPRD OKU, H. Marjito Bachri.

"Kami mewacanakan inovasi baru dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi DPRD sebagai lembaga kontrol. Salah satunya dengan melakukan pengawasan terhadap proyek pemerintah daerah dengan cara uji laboratorium bekerjasama dengan Unbara," ujar Jito, sapaan akrab Marjito Bachri.

Selama ini kata dia, kita hanya melihat dari sisi kuantitas dan ketebalan saja dalam pelaksanaan proyek pemerintah. Sebagai contoh dalam pembangunan jalan cor beton menggunakan spek K250.

Akan tetapi, jadi pertanyaan apakah pelaksanaan proyek tersebut benar-benar dikerjakan sesuai dengan spek dan sesuai kualitas perencanaan, kita tidak tahu.

Nah. Unbara punya laboratorium Beton. Kenapa tidak kita berdayakan. Dengan begitu kita akan mengetahui sejauh mana kualitas atas pelaksanaan proyek yang dilaksanakan. Apakah pengerjaannya sesuai secara teknis engenering atau tidak. Selain itu agar perguruan tinggi ini semakin besar dan mahasiswanya semakin berkualitas,” ucapnya.

Disoal langkah yang akan diambil jika ditemukan proyek yang dilaksanakan tidak sesuai dengan spek dan kualitas buruk, menurut Marjito, bahwa ada hal yang perlu diperbaiki dalam perencanaan.

Sehingga kedepannya, pelaksanaan pembangunan di Kabupaten OKU bisa berjalan dengan baik dan memiliki kualitas yang baik juga.

Tentunya jika ditemukan ada pelaksanaan proyek seperti pembangunan jalan cor dengan kualitas mutu beton tidak sesuai dengan spek, secara moral kita kembalikan ke pemerintah dan instansi terkait. Kalau sudah diketahui kontraktror pelaksana tidak mengerjakan sesuai dengan spek, ya kedepannya jangan dipakai lagi,” pungkasnya. [sri]



Komentar Pembaca
Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:51:12

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 09:57:31

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 16:08:49

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00