Harga Turun, Petani Cabe Malah Khawatirkan Cuaca Ekstrem

Ekonomi  SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 13:59:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Harga Turun, Petani Cabe Malah Khawatirkan Cuaca Ekstrem

Petani cabe/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel.Para petani cabe di Kota Pagaralam kembali lesu, pasalnya baru beberapa hari harga cabe kembali membaik yaitu diangka Rp50 ribu perkilogram dari harga Rp20 ribu perkilogram. Saat ini harga cabe kembali turun menjadi Rp30 ribu perkilogram.

Meskipun harga cabe turun hingga Rp20 ribu perkilogram, namun para petani masih tetap harus panen. Pasalnya jika tidak dipanen maka petani akan merugi.

Meskipun harga turun, para petani tidak terlalu khawatir pasalnya harga Rp30 ribu dinilai masih bisa menutupi modal yang mencapai ratusan juta. Namun saat ini yang lebih dikhawatirkan patani yaitu cuaca ekstrem mulai dari musim panas hingga angin yang mulai kencang.

Salah satu petani cabe Desa Bandar Kecamatan Dempo Selatan, Santo mengatakan, dirinya saat ini mulai lesu pasalnya harga cabe mengalami penurunan dari Rp50 ribu menjadi Rp30 ribu perkilogram.

"Lesu pak, sebab harga turun sekarang. Padahal kita berharap harga tidak turun agar dapat keuntungan lebih," ujarnya, kepada RMOLSumsel, Senin (16/9).

Namun meskipun harga turun namun tidak terlalu merugikan petani. Pasalnya harga saat ini dinilai masih tidak membuat petani merugi.

"Yang kami khawatirkan bukan harganya pak, namun kami takut dengan kondisi cuaca saat ini yang cukup ekstrem. Selain musim kemarau angin kencang juga mulai melanda. Jika angin kencang maka berpengaruh pada batang cabe dan buahnya," katanya.

Dia mengungkapkan, saat ini petani lebih khawatir dengan cuaca dibandingkan harga. Pasalnya jika cuaca ekstrem maka akan berpengaruh pada hasil panen. Bahkan bisa membuat gagal panen.

"Lebih baik harga turun mas daripada gagal panen. Saat ini sudah musik kemarau jika dilanda angin kencang maka akan membuat buah cabe berkurang," ungkapnya.[sri]

Komentar Pembaca
Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang

Peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 23:48:21

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00