Berulah, Demonstran Hongkong Rencanakan Aksi Duduk di Mal

Ragam  SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 15:58:00 WIB

Berulah, Demonstran Hongkong Rencanakan Aksi Duduk di Mal

NET

RMOLSumsel. Ulah demonstran Hong Kong makin menjadi-jadi. Setelah sukses mengambil alih bandara beberapa pekan lalu, kini mereka merencanakan aksi duduk di mal.

Mereka juga berencana mendatangi Konsulat Inggris besok, Minggu (15/9), untuk menuntut agar Tiongkok menghormati Deklarasi Bersama Tiongkok-Inggris yang diteken pada 1984.

Massa menggelar aksi secara damai di seluruh wilayah pada Jumat (13/9). Mereka bernyanyi dan meneriakkan yel-yel yang berbeda dengan aksi kekerasan beberapa pekan sebelumnya.

Aksi protes berawal dari penentangan terhadap rancangan undang-undang ekstradisi yang kini telah dicabut. Namun, kini fokus demonstran adalah melindungi Hong Kong dari upaya pemerintah pusat untuk mengikis kebebasan sipil. Banyak juga pengunjuk rasa kalangan muda yang geram soal biaya hidup yang terlalu tinggi dan kurangnya prospek lapangan pekerjaan.

Aksi protes dimulai pada Juni lalu. Meski berbagai upaya telah dilakukan otoritas Hong Kong, belum terlihat tanda-tanda aksi ini akan berhenti dalam waktu dekat. [irm]

Komentar Pembaca
Anie Baswedan dan Wartawan

Anie Baswedan dan Wartawan

JUM'AT, 22 NOVEMBER 2019 , 20:59:00

Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00