Resmi, Bandara Silampari Milik Kemenhub RI

Laporan : Irhamudin Sutan Parmato

Daerah  RABU, 11 SEPTEMBER 2019 , 14:03:00 WIB

Resmi, Bandara Silampari Milik Kemenhub RI
RMOLSumsel. Bandar Udara (Bandara) Silampari secara fisik dan administrasi saat ini sudah sah milik Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima barang milik daerah dan naskah perjanjian hibah daerah antara Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab Mura) dengan Dirjen Perhubungan Udara di Gedung Kemenhub di Ruang Mulawarman Lantai 5 Gedung Karsa Kemenhub RI di Jakarta, Selasa (10/9).

Serah terima dilakukan oleh Bupati Mura Hendra Gunawan dengan Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti atas nama Menteri Perhubungan (Menhub). Atas penyerahan tersebut, Polana B Pramesti mengatakan sangat mengapresiasi langkah dari Pemkab Mura.

"Ini salah satu wujud peran pemerintah daerah untuk bersama pemerintah pusat membangun fasilitas pelayanan publik, dalam hal ini Bandara  Silampari,"ujarnya.

Dia menambahkan, dengan telah dilakukannya penandatanganan Berita Acara Serah Terima Barang Milik Negara dan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), sebagai langkah awal  untuk menciptakan tertib administrasi dalam proses pelaksanaan anggaran. Yang jelas hal tersebut merupakan pintu dalam mengembangkan potensi-potensi lainnya di Musi Rawas.  Bukan hanya sebatas Bandar Udara, tapi bagaimana potensi daerah lainnya bisa terangkat dan masyarakat terbantu.

"Setelah ini, dengan perizinan lengkap dan secara administrasi sudah sangat memenuhi ketentuan yang diatur Kemenhub melalui Dirjen Perhubungan Udara, kita akan terus tingkatkan dan kembangkan. Sebab Bandara adalah pintu masuk atau land mark sehingga daerah bisa berkembang dengan pesat," jelasnya lagi.

Bupati Mura, H. Hendra Gunawan mengatakan, proses pembangunan Bandara Silampari memakan waktu yang cukup panjang, bahkan dimulai sejak Kabupaten Musi Rawas belum dimekarkan dengan Kota Lubuk Linggau.

"Butuh waktu puluhan tahun hingga bisa jadi seperti sekarang ini,"jelasnya.

Untuk itu, atas nama Pemkab Mura dirinya berharap kepada pihak Kemenhub
untuk terus mengembangkannya dan juga membantu pembangunan di Mura.

"Itulah (Bandara Silampari) yang bisa diserahkan kepada negara dalam hal ini Kementrian Perhubungan yang tentunya demi kepentingan masyarakat banyak," tegas Bupati.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Mura Adi Winata menambahkan, secara operasional penyerahan Bandara Silampari sudah dilakukan sejak tahun 2014 silam. Namun secara administrasi penyerahan seluruh aset baru dilakukan sekarang ini.

"Sekarang, secara asset dan administrasi semua sudah menjadi milik dan kewenangan Kemenhub,"jelasnya. [ida]

Komentar Pembaca
Persiapan Reuni Akbar 212

Persiapan Reuni Akbar 212

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 18:27:00

Diskusi Tolak Ahok

Diskusi Tolak Ahok

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 14:16:00

Anie Baswedan dan Wartawan

Anie Baswedan dan Wartawan

JUM'AT, 22 NOVEMBER 2019 , 20:59:00