Tambah 2 Klinik VCT Tangani HIV

Sosial  SELASA, 10 SEPTEMBER 2019 , 07:59:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Tambah 2 Klinik VCT Tangani HIV

Andi Prapto/rmolsumsel

RMOLSumsel. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menambah 2 klinik Voluntary Counseling and Testing (VCT) khusus penanganan penyakit HIV AIDS.

Demikian diungkapkan Kepala Dinkes OKU Husni Tamrin, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Andi Prapto, Senin (9/9).

Dikatakan Andi, selama ini Kabupaten OKU hanya memiliki 2 Klinik VCT yang khusus menangani masalah penyakit HIV AIDS yang terdapat di Puskesmas Lubuk Batang dan RSUD Ibnu Situwo.

Tahun ini pihaknya akan menambah 2 klinik VCT lagi untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat terutamanya bagi masyarakat yang rentan terhadap inveksi HIV AIDS.

"Tahun ini kami akan menambah 2 klinik VCT lagi yang nantinya akan ditempatkan di Puskesmas Kecamatan Lengkiti dan Puskesmas Ulak Pandan,” kata Andi Prapto.

Dijelaskannya, penambahan klinik VCT khusus penanganan penyakit menular HIV AIDS tersebut untuk memberikan layanan kepada masyarakat agar pencegahan dan penanganan HIV AIDS di bumi Sebimbing Sekundang dapat lebih maksimal.

Untuk menambah 2 fasilitas kesehatan ini, kita sudah menyiapkan SDM khusus penanganan. Seperti dokter, perawat, tenaga konseling yang sudah melalui tahapan pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan RI,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Andi, penanganan dan pencegahan HIV AIDS di Kabupaten OKU tidak bisa hanya dilakukan oleh Dinkes saja. Penanganan penyakit ini merupakan tanggung jawab seluruh pihak.

"Penanganan HIV AIDS ini tidak bisa hanya dilakukan oleh Dinkes OKU, namun semua pihak harus secara bersama-sama untuk bisa melakukan pencegahan agar dapat terlaksana secara baik,” pungkasnya. [sri]

Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00