Tidak Ada Pembinaan Wirausaha Muda Mandiri Soal Pajak

Ragam  SENIN, 09 SEPTEMBER 2019 , 18:13:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Tidak Ada Pembinaan Wirausaha Muda Mandiri Soal Pajak

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Pemilik Bakso Granat Mas Azis, Abdul Anzisy menjadi salah satu motivator dan pemenang wirausaha muda mandiri (WMM) tahun 2013, yang harusnya dapat memberikan contoh kepada usaha lain, terkait kewajibannya terhadap pajak.

Hanya saja, Badan Pengelola Pajak Daerah (BPPD) Kota Palembang sangat menyayangkan sikap dari pria yang disapa Mas Azis, yang meyatakan terpaksa memasang alat e-tax karena sudah mendapat SP (Surat Peringatan) III.

Seperti apa pembinaan yang dilakukan Bank Mandiri terhadap Wirausahawan yang tergabung dalam WMM tersebut, Regional CEO Bank Mandiri Sumatera 2, Aribowo melalui Credit Card Head Bank Mandiri, Bambang Indro menyampaikan, jika menolak menghubungkan antara pembinaan yang dilakukan terhadap WMM dan pajak.

"Kita ga ada pembinaan, jangan dihubung-hubungkan," imbuhnya.

Bambang membenarkan jika Bakso Granat Mas Azis jadi salah satu pemenang wirausaha muda mandiri. Tetapi, jangan dikaitkan binaan Bank Mandiri dengan menolak pemasangan e-tax.

"Karena Itu kebijakan, tidak mungkin kami ikut campur. Jangan sampai dikaitkan dengan sebagai wirausaha muda mandiri atau binaan Mandiri dengan dia menolak pemasangan e-tax," terangnya.

Soal pajak, baginya adalah pribadi masing-masing, tapi kalo kebijakan haris diikuti.

"Bicara soal kewajiban, Bank Mandiri ini menampung soal pajaknya. Tapi dalam konteks mau diadu dengan e-tax kami keberatan," cetusnya.

Bambang minta soal Bakso Granat Mas Azis sebagai binaan mandiri silakan yang bersangkutan mau mengklaim, tapi soal e-tax konfrontasi sama konotasinya beda.

"Kalo pembinaan kita kan permodalan, marketingnya sampai menajerialnya. Tetapi, untuk kewajiban usaha yang telah dibina seperti kewajiban pajak, itu terpisah dan jangan dikaitkan dengan e-tax, bila perlu diabaikan saja," tuturnya.

Tidak ada hubungannya antara pajak dengan pembinaan. Pajak ya pajak dan terpisah dengan pembinaan bagian dari usaha.

"Pembinaan mandiri itu lebih ke usaha dan modal usaha. Pembinaan dilakukan biar usahanya maju yang berkaitan dengan manajemennya. Kalo masalah kewajiban ga ada kami ngurusi itu. Jadi kita tidak mengurusi pajak dan sebagainya, tapi lebih ke bagaimana usaha itu maju," tandasnya. [irm]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00