Ada Lobi-lobi Capim KPK, Desmond Mahesa: Tanya Saut Situmorang!

Politik  SENIN, 09 SEPTEMBER 2019 , 11:59:00 WIB

Ada Lobi-lobi Capim KPK, Desmond Mahesa: Tanya Saut Situmorang!

Saut Sitomorang/net

RMOLSumsel.  Proses seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) tak lepas dari lobi. Terutama saat proses seleksi sudah sampai di DPR RI.

"Pokoknya sejak KPK berdiri, lobi komisioner itu biasa (terjadi) ya," ujar Wakil Ketua Komisi III, Desmond Junaidi Mahesa, di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (9/9).

Hanya saja, Desmond menegaskan bahwa lobi-lobi itu tidak mempengaruhi penilaian dan pilihan Komisi III DPR dalam tugasnya melakukan uji kepatutan dan kelayakan Capim KPK.

"Kalau terjadi lobi-lobi kan omong kosong. Orang yang melobi berarti sejak awal, bahasanya nggak enak banget, orang yang sudah menjual diri gitu lho," ungkapnya.

Desmond pun tak segan menyebut nama Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, sebagai salah satu pihak yang melobi. Diakuinya, Saut mencoba melakukan lobi-lobi tertentu saat menjalani proses seleksi.

"Kalau kurang yakin tanya Saut ya. Saut lobi saya. Saya diajak makan, saya dibayarin. Tapi saya tidak men-deal apa-apa, dan dia juga enggak deal. Saya cuma bilang tegakkan hukum. Tanya Saut," pungkasnya. [yip]




Komentar Pembaca
Persiapan Reuni Akbar 212

Persiapan Reuni Akbar 212

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 18:27:00

Diskusi Tolak Ahok

Diskusi Tolak Ahok

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 14:16:00

Anie Baswedan dan Wartawan

Anie Baswedan dan Wartawan

JUM'AT, 22 NOVEMBER 2019 , 20:59:00