Masyarakat Pegunungan Arfak Tak Ikut-ikut Rusuh

On The Spot  MINGGU, 01 SEPTEMBER 2019 , 13:17:00 WIB

Masyarakat Pegunungan Arfak Tak Ikut-ikut Rusuh
RMOLSumsel. Kabupaten Arfak sangat kondusif. Tidak rusuh seperti Manokwari, Sorong, Jayapura, dan daerah-daerah lain dalam menyikapi insiden Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur.

Bupati Pegunungan Arfak, Papua Barat, Yosias Saroy mengimbau warganya tidak terpengaruh dengan aksi anarki di Manokwari serta daerah-daerah lain. Sampai saat ini di Pegunungan Arfak sangat kondusif, tidak ada aksi anarki seperti yang terjadi di Manokwari, Sorong, Fakfak dan Jayapura.

"Saya memang sudah imbau berkali-kali agar masyarakat tetap tenang dan masyarakat kami paham," kata Yosias Saroy di Manokwari.

Saroy mengungkapkan kekecewaannya atas aksi anarki yang terjadi di Manokwari pada 19 Agustus lalu. Kerusuhan itu dinilai membawa dampak buruk yang luar biasa terhadap pembangunan di daerah.

Dia mengemukakan, Manokwari, Teluk Bintuni, Tambrauw, Pegunungan Arfak dan Manokwari Selatan merupakan wilayah adat Suku Besar Arfak.


Bupati pun mengimbau warga Pegunungan Arfak, terutama dari kalangan Suku Arfak yang berada di Manokwari tidak terlibat dalam setiap aksi anarki. Dia berharap masyarakat Suku Arfak menjadi teladan bagi suku-suku lain di daerah itu.

"Kalau mau melakukan demo menyampaikan aspirasi silahkan, konstitusi memperbolehkan. Tapi jangan anarkis, jangan merusak fasilitas publik, jangan mencuri dan menjarah, saya tidak setuju," ujarnya.

Manokwari merupakan rumah bersama yang harus dijaga oleh siapapun yang datang dan mencari penghidupan di daerah tersebut.

Secara ekonomi, Kabupaten Pegunungan Arfak menerima efek buruk akibat kerusuhan yang terjadi pada Senin (19/8).

"Manokwari ini kan dapur umum, sembako dan barang-barang strategis seperti material bangunan kami datangkan dari Manokwari," katanya seperti diberitakan JPNN, Minggu (1/9).

Kalau Manokwari terganggu, Pegunungan Arfak juga pasti terganggu. "Begitu pula Manokwari Selatan, Tambrauw, Teluk Wondama dan Teluk Bintuni," kata bupati. [ida]

Komentar Pembaca
Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk
Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 15:16:32

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:51:12

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00