Begini Update Kondisi Terbaru Papua dan Papua Barat

Ragam  JUM'AT, 30 AGUSTUS 2019 , 20:44:00 WIB

Begini Update Kondisi Terbaru Papua dan Papua Barat

NET

RMOLSumsel. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengaku sudah berkomunikasi dengan jajaran TNI dan Polri di Papua dan Papua Barat setelah gejolak terjadi di provinsi paling timur di Indonesia.

Dari komunikasi tersebut, Wiranto menyebut kondisi keamanan di Papua Barat, berangsur kondusif. Tidak terdapat massa yang melakukan perusakan terhadap fasilitas di Papua Barat.

"Untuk Papua Barat kondusif, Sorong dan Manokwari sudah tenang. Walaupun masih ada rencana demonstrasi, mudah-mudahan enggak jadi," ucap Wiranto ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (30/8).

Sementara itu, kata Wiranto, aparat kepolisian dan prajurit TNI masih berupaya menenangkan situasi di Papua, melalui jalan negosiasi. "Di Papua masih tetap berlangsung, negosiasi penenangan," lanjut dia.

Wiranto menuturkan, pemerintah telah menambah jumlah aparat kepolisian dan prajurit TNI ke Papua. Namun, penambahan bukan untuk melawan rakyat di Papua setelah pecah gejolak.

Pasukan tambahan dikerahkan ke Bumi Cenderawasih untuk mengamankan objek vital. Pemerintah berupaya mencegah kerusakan fasilitas umum tidak semakin parah.

"Kami menambah pasukan ke sana, bukan untuk melawan rakyat, tetapi mengamankan objek-objek vital jangan sampai dirusak oleh masyarakat yang tidak sadar. Itulah, ya, kira-kira secara menyeluruh, setiap kota detail laporannya ada jumlah pasukan kami berapa, kondisi masyarakat bagaimana, tetapi mari doakan saja semoga keadaan yang panas ini segera berlalu dan kembali tenang untuk membicarakan masa depan Papua," tegas dia. [irm]




Komentar Pembaca
Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk
Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 15:16:32

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:51:12

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00