Segelintir Legislator Saja Tolak Pemindahan Ibukota

Politik  KAMIS, 29 AGUSTUS 2019 , 18:34:00 WIB

Segelintir Legislator Saja Tolak Pemindahan Ibukota
RMOLSumsel. Hampir dapat dipastikan, takkan  banyak anggota DPR RI yang bakal menentang pemindahan Ibukota RI dari Jakarta ke Provinsi Kalimatan Timur (Kaltim).

Demikian dikemukakan Direktur Eksekutif Indonesian Democratic Center for Strategic Studies (Indenis) Girindra Sandino.

Ia memprediksi rencana pemerintah memindahkan ibukota itu memang akan mendapat penentangan yang keras di DPR.  Penentangan diprediksi bakal mengalir dari partai yang menjadi oposisi di parlemen hasil Pemilu 2019.

"Tetapi jika menghitung komposisi koalisi pendukung pemerintah, saya yakin kebijakan presiden yang digodok di DPR akan berjalan mulus. Apalagi jika Gerindra dan Demokrat ikut mendukung," ujar Girindra kepada JPNN, Kamis (29/8).

Meski demikian, Girindra mengakui parpol saat ini terkesan seperti menahan diri untuk mengomentari rencana pemindahan ibu kota. Mereka masih menunggu keputusan presiden terkait susunan kabinet di pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Mereka sepertinya menunggu komposisi kabinet yang disusun presiden. Bagaimanapun, di samping pengakuan, keberadaan kader dalam kabinet merupakan posisi strategis dalam politik nasional," ucapnya.

Girindra memprediksi parpol yang tidak diakomodir dalam kabinet, berpeluang menentang rencana pemindahan ibu kota. Namun demikian, jumlahnya diprediksi hanya sedikit.

Presiden Joko Widodo diyakini bakal mengakomodir para menteri usulan parpol pengusung, sesuai kemampuan di bidangnya masing-masing. Dengan demikian, kecil kemungkinan ada parpol pendukung berbalik menjadi oposisi. [ida]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00