Bukannya Senang Turun Hujan, Warga Sini Malah Alami Kerugian

Daerah  KAMIS, 29 AGUSTUS 2019 , 08:17:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Bukannya Senang Turun Hujan, Warga Sini Malah Alami Kerugian

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Hujan yang menguyur kota Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) disambut suka cita dan sujud syukur, Do’a warga melalui sholat Istisqo’ bersama langsung diijabah Allah SWT dengan guyuran hujan. Namun, dibalik suka cita syukur itu, ada sebagian warga yang justru merasakan duka.

Ya. Hujan sesaat itu malah membikin sebagian warga yang tinggal di daerah Kibang, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Baturaja Timur, kebanjiran air bercampur lumpur.

Pantauan di lokasi, nampak terlihat sisa-sisa lumpur yang tergenang menutup akses jalan yang biasa masyarakat gunakan sehingga mengganggu aktivitas warga sekitar.

Menurut warga, hal ini terjadi lantaran adanya penggusuran dan penimbunan lahan yang dilakukan pengembang perumahan (developer) Perumahan ZL.  

Putra, warga sekitar menuturkan, bahwa daerah itu kalau hujan lebat memang akan timbul genangan air maksimal semata kaki. Nah, semenjak ada penimbunan yang dilakukan oleh developer itu tadi, banjir yang terjadi malah sangat ekstrim.

Dimana airnya deras, dengan ketinggian mencapai hampir satu meter, diperparah lagi air tersebut bercampur lumpur.

Dulu memang disini kalau hujan lebat, ada genangan air semata kaki. Namun ketika lahan yang ada rawa ini ditimbun, genangan air mencapai hampir satu meter,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Lurah Sukajadi Oktaria Rosalina, menyatakan pihaknya sudah meninjau lokasi dan pihaknya akan mengejar komitmen pihak developer untuk mengatasi banjir.

Salah satunya percepatan membangun parit di sekeliling gusuran perumahan Zafir Land serta membangun daerah respan air (retensi),” sebut dia. [irm]

Komentar Pembaca
Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk
Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 15:16:32

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:51:12

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00