Ketua DPR : Pemindahan Ibu Kota Negara Harus Segera Direalisasikan

Politik  SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 20:40:00 WIB

Ketua DPR : Pemindahan Ibu Kota Negara Harus Segera Direalisasikan

H. Darmawan/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Pemindahan ibu kota negara (IKN) yang diwacanakan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), harus segera direalisasikan. Pasalnya, kondisi Jakarta dengan kemacetannya, banjir dan jumlah penduduknya saat ini, tidak memungkinkan kembali untuk jadi ibu kota negara.

Hal itu disampaikan Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), H. Darmawan saat dibincangi RMOL Sumsel, Selasa (27/8/19).

"Pemerintah pusat sudah mengupayakan segalanya untuk memperbaiki kondisi Jakarta, mula dari pembuatan jala-jalan altenatif, underpass, MRT dan LRT, tidak juga mengurangi masalah Jakarta. Jadi, saya menilai apa yang dilakukan Presiden dan para menterinya, adalah upaya menyelamatkan Jakarta kedepan," terangnya.

Pria yang juga menjabat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang ini juga menilai, pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kutai Kertanegara dan sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) adalah keputusan yang penuh dengan analisa dan kajian yang matang.

"Tentunya apa yang disampaikan Presiden kemarin, sudah penuh pertimbangan dan perspektif. Semuanya sudah berdasarkan penilaian plus dan minus dengan menjadikan Provinsi Kalimantan Timur sebagai ibu kota negara," tuturnya.

Darmawan yakin, jika DKI Jakarta tidak segera diselematkan,  maka 10 sampai 20 tahun kedepan, kondisinya akan semakin membuatnya parah.

"Pembangunan Jakarta terus bertambah, urbanisasi besar-besaran terus terjadi, sedangkan administrasi negara tidak boleh terhenti. Itulah kenapa wacana pemindahan ibu kota DKI Jakarta yang sudah dibicarakan sejak zaman Presiden sebelumnya, harus segera direalisasikan," tandasnya. [sri]



Komentar Pembaca
Persiapan Reuni Akbar 212

Persiapan Reuni Akbar 212

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 18:27:00

Diskusi Tolak Ahok

Diskusi Tolak Ahok

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 14:16:00

Anie Baswedan dan Wartawan

Anie Baswedan dan Wartawan

JUM'AT, 22 NOVEMBER 2019 , 20:59:00