Ujang: Pemindahan Ibukota Berlatar Politis-Bisnis

Politik  SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 16:25:00 WIB

Ujang: Pemindahan Ibukota Berlatar Politis-Bisnis
RMOLSumsel. Pemindahan Ibukota RI dari Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur (Timur) tidak terlepas dari urusan politik, yaitu pemenangan Pilpres 2024. Juga alasan bisnis.

Hal itu dikemukakan pengamat politik Ujang Komarudin, di mana ia mengaku bahwa dirinya sulit untuk menampik pemindahan ibukota terkait kepentingan politik. Ia menyebut yang utama adalah agenda Pemilihan Presiden 2024.

Menurutnya, Jokowi naik menjadi presiden setelah sebelumnya menduduki jabatan Gubernur DKI Jakarta. Artinya, posisi sebagai kepala daerah di ibukota sangat strategis mengangkat elektabilitas seseorang untuk terpilih di pemilihan presiden. Sementara diketahui, gubernur DKI saat ini bukan berasal dari kubu yang mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

"Bisa saja indikasi itu ada, karena kita tahu Jokowi itu produk gubernur ibu kota negara yang jadi presiden," ujar Ujang seperti diberitakan JPNN, Selasa (27/8).

Selain beraroma politis, dosen di Universitas Al Azhar Indonesia ini juga menyebut kebijakan pemindahan ibu kota sarat dengan aroma bisnis. Pandangan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini mengacu pada besarnya aset yang bakal ditukar guling ketika nantinya ibukota dipindah.

Belum lagi terkait pembangunan di lahan baru nantinya, menghabiskan biaya yang tidak sedikit.


"Begitu kental aroma politis dan bisnisnya. Aroma politisnya berindikasi ke Pilpres 2024 dan aroma bisnis penguasaan tanah di ibukota baru oleh pengusaha-pengusaha kakap," katanya.

Apakah ada kaitan pemindahan ibukota dengan peningkatan kesejahteraan rakyat? Ujang secara tegas menjawab tidak ada.


"Itu murni kepentingan elite politik dan pengusaha-pengusaha besar. Dengan ibukota baru, harga tanah naik, mana mungkin rakyat biasa bisa beli tanah. Untuk makan pun susah," pungkas Ujang.[ida]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00