Hari Libur Pol PP Bawa Besi Penertiban Reklame Ke Soekarno Hatta???

Ragam  MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 20:44:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Hari Libur Pol PP Bawa Besi Penertiban Reklame Ke Soekarno Hatta???

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Belakangan ini Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palembang aktif melakukan penebangan reklame tak berizin, sesuai instruksi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI). Dari informasi yang berhasil dihimpun, lebih dari 140 reklame yang sudah ditebang atau dirobohkan.


Hanya saja, seperti apa pengamanan material reklame yang berbahan besi tersebut setelah disita. Pasalnya, salah satu truk operasional milik Satpol PP Kota Palembang, kemarin, Sabtu (25/8/19) didapati sedang membawa besi-besi yang diketahui adalah material reklame yang belakangan ini ditebang oleh satuan tersebut.

Dari penelusuran, truk dengan plat nomor polisi BG 8106 MZ tersebut, membawa material besi ke gudang pipa berbahan besi milik PT Muara Dua yang terletak di Jl. Soekarno Hatta.

Dugaan telah terjadi penjualan besi-besi sisa material reklame yang disita oleh oknum Satpol PP ini pun menguat. Karena sebelumnya juga beredar informasi jika material reklame yang disita, dijual oknum saat hari libur.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP Kota Palembang, Alhidir membantah adanya penjualan material hasil penertiban reklame oleh anggotanya.

"Hoax itu, kita sedang mengangkut barang sitaan dari kantor lama, dibawa ke PT Muara Dua Soekarno Hatta, untul dititip disana, karena tempat lain tidak ada," ungkapnya.

Menurut pengakuan mantan Sekretaris Badan Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (PK-PB) ini, saat ini pihaknya tidak memiliki lahan yang memadai untuk menampung barang sitaan seperti reklame yang ditertibkan belakangan ini.

"Sekarang masih proses penghitungan oleh aset oleh BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Kalau sudah kelar baru dilelang dan mobilisasinya kita awasi dengan menempatkan petugas di PT Muata Dua dan kantor lama," terangnya.

Terkait dengan penitipan tersebut, antara Pol PP Kota Palembang dan PT Muara Dua sebelumnya sudah ada penandatanganan berkas penitipan dan registrasi barangnya.

"Kebetulan kita kenal baik dengan ownernya, beliau juga bersedia dititipkan ditempatnya," jelasnya.

Kedepan, Alhidir berkeinginan, agar reklame-reklame yang ditertibkan, dapat ditebang atau dibongkar sendiri oleh pemiliknya, sehingga bisa dimanfaatkan kembali.

"Keinginan kita pada masa mendatang, pemilik reklame dan lain-lain untuk menebang sendiri, sehingga bisa dimanfaatkan kembali oleh pemiliknya. Karena jika kami yang menertibkan, maka berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) bahwa barang sitaan menjadi milik Pemerintah. Untuk lelangnya juga butuh proses yang panjang," tandasnya. [irm]



Komentar Pembaca
Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar
JOKOWI TERUJI BERPENGALAMAN DALAM HAL KEGAGALAN

JOKOWI TERUJI BERPENGALAMAN DALAM HAL KEGAGALAN

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19

Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00