Inilah Perbandingan Mobil Dinas Beberapa Pemimpin Di Asia

Politik  MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 10:59:00 WIB

Inilah Perbandingan Mobil Dinas Beberapa Pemimpin Di Asia

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menumpang Proton Saga yang dikendarai Sultan Johor Ibrahim bin Iskandar, 11 Januari 2019. Ini adalah Proton Saga pertama yang diproduksi Malaysia 34 tahun lalu./Net

RMOLSumsel. Pemerintah berencana mengganti kendaraan dinas Presiden dan Wakil Presiden menjadi Mercedes-Benz S600 Guard  keluaran terbaru.

Menurut Kementerian Sekretaris Negara, penggantian mobil itu dilakukan melalui penunjukan langsung.

"Sesuai dengan anggaran yang tersedia, pada tahun 2019 mengadakan kendaraan keras VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit melalui Sistem Penunjukan Langsung, mengingat diperuntukan bagi pengaman Presidean dan Wakil Presiden," tulis rilis itu.

Mercedes-Benz S 600 Guard dipilih berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakian mahal karena usia pemakaian.

Mengiringi rencana pembelian kendaraan dinas baru untuk RI-1 dan RI-2 itu, di jejaring media sosial beredar informasi yang membandingkan kendaraan pemimpin di sejumlah negara di Asia.

Di Jepang, misalnya, disebutkan Perdana Menteri Shinzo Abe menggunakan mobil produksi negeri sakura, Toyota Century Royal, yang harganya diperkirakan berada pada kisaran Rp 1,17 milyar.

Presiden Republik Rakyat China (RRC) Xi Jinping juga disebutkan menggunakan mobil  produk negaranya sendiri, Hongqi L5, dengan harga sekitar Rp 11 milyar.

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad juga sama. Pria berusia 94 tahun itu menggunakan Proton buatan Malaysia, bukan yang paling mahal. Dari list terbaru mobil Proton disebutkan bahwa yang paling mahal  adalah Proton Exora Extra Bold 1.6 M/T dengan harga sekitar Rp 248 juta.

Sementara Presiden Korea Selatan, Moon Jaein, menggunakan mobil produksi negeri K-Pop, Hyundai Equus VL500, yang harganya sekitar Rp 1,68 milyar.[sri]

Komentar Pembaca
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00