Muktamar VI Menjadi Panggung Cak Imim "Membonsai" Calon Penggantinya

Politik  SELASA, 20 AGUSTUS 2019 , 22:44:00 WIB

Muktamar VI Menjadi Panggung Cak Imim
RMOLSumsel. Kepemimpinan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di tubuh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah menghilangkan regenerasi hingga tertutupnya kontestasi pemilihan Ketum PKB.

Hal itu terlihat dengan ketidakhadiran sosok yang digadang-gadang sebagai calon penantang kuat Cak Imin, Abdul Kadir Karding. Muktamar VI PKB juga tak dihadiri mantan Sekjen Lukman Edy.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion Dedi Kurnia Syah berpandangan, Cak Imin tengah menggunakan politik kekuasaan untuk mempertahankan posisi.

Namun bak gayung bersambut, sikap Cak Imin ini secara tidak langsung disambut kader lantaran PKB memiliki konsep politik tradisional.

Parpol punya tafsir sendiri soal regenerasi, selama tokoh Ketum memiliki taji elektoral, maka selama itu ia akan tetap bertahan. PKB adalah parpol konsep tradisional, kader mendengar dan tunduk pada pimpinan," ungkap Dedi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (20/8).

Gaya tersebut diakui memiliki sisi positif dan negatif. Positifnya akan minim gejolak, namum parpol yang menggunakan politik tradisional tersebut akan cenderung mandul dari sisi regenerasi.

Agenda Muktamar yang terkesan tertutup dan tidak mengundang orang penting di tubuh PKB juga mendefinisikan Cak Imin mengerdilkan Karding dan Lukman Edy.

Dan semua itu terlihat dari Muhaimin mengagendakan Muktamar, termasuk membonsai tokoh-tokoh potensial penggantinya,” tandasnya.[yip]


Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00